Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Tim Softball Papua Barat Raih Kemenangan Pertama

Soon Pehan Djopari dari Papua Barat melempar bola pada pertandingan hari ke-2 babak penyisihan softball putra PON XX Papua antara Papua Barat vs Banten di Lapangan Softball Agus Kafiar Universitas Cendrawasih, Kota Jayapura, Kamis (23/09/2021). (Foto : PB PON XX PAPUA/Robertus Pudyanto)

Jayapura – Tim softball putra Papua Barat meraih kemenangan pertama di pertandingan kedua babak penyisihan grup cabang olahraga softball PON XX Papua 2021 setelah mengalahkan Banten secara dramatis dengan skor 6-10,

Sempat tertinggal 5-1 di empat innings awal, tim softball Papua Barat berhasil melakukan comeback dengan mencetak enam poin di innings 5 lewat pukulan homerun dari Bobby Marani.

Keunggulan dua poin (5-7) ini membuat para pemain Papua Barat menjadi semakin percaya diri. Buktinya pada innings 6, tim Papua Barat memperlebar jarak dengan mencetak tiga poin tambahan.

Tim Banten sempat berusaha mengejar ketertinggalan pada innings terakhir atau innings 7. Namun, performa apik dari pitcher Papua Barat membuat Banten harus mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 6-10.

Pelatih tim softball putra Papua Barat, Leonard Djakarsih, menyambut baik atas hasil kemenangan yang berhasil diraih oleh para pemainnya tersebut. Menurutnya, hasil ini merupakan bukti semengat pantang menyerah dari para anak asuhnya.

“Lawan Banten sangat luar bisa, kita dari ketinggalan tapi bisa mengembalikan keadaan. Kita yakinlah dengan kemampuan anak-anak dan anak-anak bisa membalikan kedudukan,” kata Djakarsih sesuai pertandingan, Kamis (23/9/2022).

Selain itu, dirinya juga bersyukur atas hasil positif ini. Sebab timnya tampil dengan kondisi yang sedikit kurang optimal, namun tetap mampu memberikan perlawanan bahkan memetik kemenangan.

“Karena sebenarnya kondisinya agak pincang-pincang juga ini. Tapi saya salut sama pemain saya. Tidak ada kata menyerah walaupun kaki sampai keram-keram semuanya fight dan itu sudah mereka buktikan,” pujinya.

Sementara itu bagi Steven Pattiwael selaku pelatih tim softball putra Banten, menganggap kekalahan ini lantaran kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemainnya.

“Jadi kalau memang siapa yang paling banyak error, ya sudah, pasti kalah, itu saja prinsipnya,” ujarnya.

Meski begitu, Steven turut memuji atas performa apik dari tim Papua Barat yang tak pernah menyerah sehingga mampu membalikan keadaan dan meraih kemenangan.

“Kalau saya bilang mereka lebih bagus, intinya begitu. Kita memang ada error, dan error adalah bagian dari permainan,” pungkasnya.

Kemenangan atas Banten ini membuat tim softball putra Papua Barat semakin percaya diri menghadapi pertandingan selanjutnya pada babak penyisihan grup cabang olahraga softball PON XX Papua 2021.

Sebelumnya, pada pertandingan pertama, tim softball putra Papua Barat dipecundangi tim DKI Jakarta dengan skor yang cukup telak, 9-1.