Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tim Ombudsman Nilai Layanan Publik Polres Merauke

MERAUKE,ARAFURA,-Guna meninjau tentang komponen standar pelayanan publik dan mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk mengindentifikasi komponen standar pelayanan yang masih perlu dipenuhi oleh unit ataupun satuan kerja pelayanan publik maka tim Ombudsman RI Perwakilan Papua melakukan penilaian di Polres Merauke Senin lalu. Tim diterima oleh Kabag Sumda Polres Merauke, Kompol Ridwan, SH didampingi oleh para PJU polres dan perwira. Dalam sambutannya Kabag Sumda menyampaikan terima kasih atas kedatangan Tim Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua di Polres Merauke guna melakukan penilaian terhadap pelayanan publik. Ia berharap tim Ombudsman dapat bekerja dengan nyaman selama berada di Polres Merauke.

Sementara itu perwakilan tim Ombudsman RI Perwakilan Papua, Saleh Marsuk mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat tugas tentang pelayanan publik di unit – unit pelayanan masyarakat khususnya bagi unit yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti fungsi Intelkam, Lantas dan Sat Narkoba. Pihaknya juga akan meminta data soal kasus di bidang PPA baik korban perempuan maupun anak-anak serta seberapa jauh penyelesaian kasusnya.

Semua standar pelayanan publik wajib disertai brosur, maklumat serta syarat – syarat pembuatan surat, baik yang dikeluarkan oleh Sat Intelkam, Sat Narkoba, Sat Reskrim maupun Sat Lantas. “Tapi untuk Ombudsman lebih kepada pelayanan publik, perlunya pemberian informasi agar hal ini memudah bagi Polres Merauke untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ombudsman diberikan kewenangan untuk mengawasi pelayanan publik di instansi-instansi,”jelasnya. Usai tatap muka dengan PJU dan Perwira Polres,tim langsung meninjau pelayanan publik yang ada di Polres Merauke. Di awali dengan ruang SPKT, ruang SKCK Sat Intelkam,Unit PPAdan Ruang SIM Sat Lantas.