Pasific Pos.com
Papua Barat

Tim Nusantara Sehat Membantu Pelayanan Kesehatan di Distrik Tanah Rubuh

Manokwari, TP – Tim Nusantara Sehat yang terdiri dari 8 tenaga medis membantu pelayanan kesehatan di Distrik Tanah Rubuh.

Kepala Distrik Tanah Rubuh, M. Situmorang, mengatakan, kehadiran tim Nusantara Sehat yang merupakan bantuan tenaga dari Kementerian Kesehatan, sangat membantu meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat disana.

“Pada intinya kita sangat besyukur dan terima kasih kepada pemerintah pusat karena ada bantuan tenaga kesehatan,” kata Situmorang kepada wartawan, di Gereja Pisga, Sowi Gunung, Rabu (11/7).

Situmorang menerangkan, tim Nusantara Sehat yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, farmasi, kesehatan masyarakat, ahli laboratorium medik, ahli gizi, dan ahli kesehatan lingkungan tersebut, dalam menjalankan tugas, tidak hanya melayani di puskesmas, tetapi juga turun ke kampung-kampung.

“Jadi, kami masyarakat Tanah Rubuh, sangat terbantu. Karena mereka juga turun ke kampung-kampung, sehingga masyarakat yang tidak sempat ke puskesmas bisa terlayani,” jelas Situmorang.

Dengan adanya tenaga medis tersebut, Situmorang berharap, dapat meningkatkan pola kehidupan masyarakat yang lebih sehat.

Untuk diketahui, Kemenkes pada tahun ini, memberikan suntikan tenaga medis ke Pemkab Manokwari, sebanyak 8 orang dengan berbagai disiplin ilmu yakni, dokter, bidan, dan perawat, farmasi, dan kesehatan masyarakat, ahli laboratorium medik, ahli gizi, dan ahli kesehatan lingkungan dan akan bertugas selama 2 tahun di Distrik Tanah Rubuh.

Beberapa rencana program kesehatan yang akan dilakukan antaralain, ibu sehat (Buset), remaja papua sehat (Rampas), berantas malaria (Beramal), dan pojok relawan gizi (Porsi).[SDR]