Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tim Dosen Unmus Hibahkan Alat Peraga Fisika Karya Mahasiswa

Penyerahan E-book panduan secara simbolis (foto:ist)

Oleh : Desy Kumala Sari, S.Pd, M.Pd, Rezky Uspayanti, S.Pd, M.Pd dan Pri Ariadi Cahya Dinata, S.Pd,M.Pd

 

MERAUKE,ARAFURA,-Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen-dosen perguruan tinggi, di samping pengajaran dan penelitian. Sebagai tanggung jawab dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan, salah satu tim dosen dari Universitas Musamus melaksanakan kegiatan pengabdian di SMA YPK Merauke. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pengadaan alat peraga fisika dengan e-book panduan bilingual sekaligus pelatihan penggunaannya.

Fisika merupakan pengetahuan yang dipelajari melalui aktivitas pikiran untuk memahami konsep dan aktivitas tangan untuk menerapkan konsep. Keberadaan alat peraga sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika. Melalui alat-alat tersebut, konsep fisika yang rumit dapat disederhanakan agar mudah dipahami peserta didik. Mata pelajaran fisika juga masuk dalam kurikulum yang ada di SMA YPK Merauke. Guru Fisika di sekolah tersebut menyampaikan bahwa sekolah mereka masih perlu melengkapi alat peraga fisika yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar. Oleh karena itu, kegiatan ini dilakukan oleh Tim Dosen Universitas Musamus agar pembelajaran fisika di SMA YPK Merauke dapat lebih baik.

Kegiatan pengabdian dilakukan pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 yang diikuti oleh guru-guru SMA YPK Merauke. Kegiatan dimulai pada jam 10.00 WIT, dibuka oleh Rezky Uspayanti, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa “alat peraga fisika yang dilengkapi dengan e-book panduan penggunaan bilingual bertujuan untuk mempermudah peserta didik menghadapi era revolusi industri 4.0”. Harapannya bahwa peserta didik selain dapat belajar menggunakan alat peraga fisika, dengan menggunakan panduan penggunaan bilingual peserta didik lebih mengenal bahasa Inggris dalam ilmu fisika. Yang mana diketahui bahwa Bahasa Inggris dalam ilmu fisika memiliki perbedaan dengan bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tutorial penggunaan alat oleh Desy Kumala Sari, S.Pd., M.Pd dengan di bantu mahasiswa jurusan pendidikan fisika. Alat peraga yang dihibahkan terdiri dari tiga alat, yaitu alat peraga bidang miring untuk konsep gerak dan gaya, alat peraga hukum Hooke, dan alat peraga radiasi benda hitam. Alat-alat tersebut merupakan karya mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Musamus untuk tugas akhir mata kuliah Fisika Eksperimen. Tim Dosen Universitas Musamus berharap alat-alat yang dihibahkan tersebut dapat membantu guru-guru fisika di SMA YPK Merauke untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Dengan begitu, peserta didik di SMA YPK Merauke dapat memahami konsep fisika beserta terapannya dalam kehidupan. Herlina Aweng, S.Pd selaku PLH di SMA YPK Merauke menyatakan rasa terima kasih pada tim dosen atas perhatiannya terhadap kelengkapan alat peraga fisika untuk mendukung pembelajaran fisika yang lebih efektif. Selain itu juga beliau juga mengungkapkan bahwa di tengah keterbatasan yang ada saat ini, alat-alat tersebut benar-benar dibutuhkan oleh guru-guru fisika di SMA YPK Merauke.

Artikel Terkait

Pengembangan Desa Mitra Di Kampung Wasur

Arafura News

Kegiatan KKN 2020, Mahasiswa Unmus Gelar Taman Belajar Bagi Anak – Anak

Arafura News

UKM Racana Unmus Galang Dana Untuk Luwu Utara Dan Sorong

Arafura News

Mahasiswa Unmus Tunjukkan Kepedulian Lewat KKN Covid 19

Arafura News

Kepedulian Pramuka Racana Unmus Saat Pandemi

Arafura News

Unmus Gelar Lomba Fisika Secara Online

Arafura News

Menikmati Masa Libur 14 Hari, ‘Dua Mahasiswi Unmus Ini Berbagi Cerita’

Arafura News

Terapkan Kuliah Online, Mahasiswa Diharap Mampu Memahami

Arafura News

Iwan Sahudi: Google Classroom Lebih Mudah Diakses

Arafura News