Pasific Pos.com
Papua Tengah

Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri Kunjungi Polres Nabire

NABIRE – Kepolisian Resor Nabire menerima kunjungan kerja dalam rangka Supervisi Operasi Mantap Praja Matoa 2018 dari Mabes Polri, diwakili Brigjen Pol Drs. Petrus Waine, SH,M.Hum dan Kombes Pol Drs. Heb Dehen, bertempat di Ruang Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Polres Nabire, Rabu (31/01). Kunjungan kerja tim asistensi atau supervisi tersebut tiba pukul 18.00 WIT di Mapolres Nabire dan langsung melakukan arahan kepada para pejabat utama Polres Nabire dan Brimob Den C Pelopor Nabire.

“Maksud dan tujuan kami ke sini adalah guna mengecek kesiapan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018 khususnya di wilayah hukum Polres Nabire, yang mana melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua,” kata Petrus Waine (mantan Wakapolda Papua).

Sebelum dimulainya arahan oleh tim asistensi Operasi Mantap Praja Matoa 2018 di Polres Nabire, Kepala Kepolisian Resor Nabire AKBP Sony Sanjaya, S.Ik memberikan sambutan kepada tim yang hadir. “Terima kasih atas kehadiran tim asistensi supervisi Mabes Polri dalam rangka Operasi Mantap Praja Matoa 2018 di Polres Nabire,” sambut Kapolres Nabire.

“Polres Nabire sendiri membawahi 2 kabupaten, yakni Kabupaten Nabire dan Dogiyai. Kabupaten Nabire memiliki 15 distrik dan Dogiyai 10 distrik. Tahun 2018 ini, kami dari Polres Nabire mengamankan pesta demokrasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua,” kata Kapolres AKBP Sony.

Pada kesempatan tersebut juga, Ketua Tim Asistensi Operasi Mantap Praja 2018 di wilayah Papua Brigjen Pol Petrus Waine membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. M. Tito Karnavian, Ph. D, yang intinya dalam rangka pesta demokrasi pada Pilkada Serentak tahun 2018 ini, kepada personil Polri untuk tetap menjaga netralitas dalam pengamanan Pilkada yang ada di wilayah masing-masing dan tetap solid pada instansi samping serta selalu berkoordinasi kepada pihak penyelenggara Pilkada.

Dilanjutkan dengan pemaparan Kabag Ops Polres Nabire yang juga sebagai Karendal Ops Mantap Praja Matoa 2018 AKP Helmy Tamaela, SIK. “Kami dari Polres Nabire siap mengamankan Pilkada Serentak 2018, pada Pilgub Papua khususnya di Kabupaten Nabire dan Dogiyai,” papar Kabag Ops.

Tim asistensi dan supervisi dalam rangka Operasi Mantap Praja Matoa 2018 di wilayah hukum Polres Nabire ini secara umum mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, yang mana Polres Nabire membawahi 2 kabupaten, Nabire dan Dogiyai.

Kabupaten Nabire merupakan kabupaten induk yang terletak di daerah pegunungan tengah, dan memiliki daerah yang jangkauannya menggunakan transportasi udara, yakni Distrik Dipa dan Menou. Sedangkan Kabupaten Dogiyai bisa dilalui melalui jalur darat dari Kabupaten Nabire, namun adapula juga terdapat distrik yang melalui jalur transportasi udara, Distrik Mapia Tengah, Mapia Barat, Sukikai Selatan dan Piyaiye. (wan)