Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Tiga Kegiatan yang Dibiayai Dinas Sosial Untuk Orang Asli Papua

 

JAYAPURA, – Pemerintah Indonesia melalui dana Otonomi Khusus (otsus) untuk pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP) sebagai bentuk pengembagan perekonomian.

Proteksi OAP ini dilakukan Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Sosial agar mendapatkan hak sebagai prioritas dalam penyusunan program dan kegiatan.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinas Sosial Kota Jayapura pada 2018 sebanyak Rp 2,6 miliar. Dana ini menurun bila dibandingkan anggaran 2017 yang mencapai Rp 4,5 miliar.

Dengan dana tersebut, Dinas Sosial setempat membuat tiga program sebagai bentuk proteksi Orang Asli Papua agar sebegai bentuk keberpihakan pemerintah daerah.

“Ada tiga kegiatan yang dibiayai dana Otsus, yaitu bantuan bahan bangunan rumah Rp 500 juta untuk 15 keluarga, anak-anak jalanan Rp 400 juta untuk 100 anak jalanan, dan usaha ekonomi produktif Rp 250 juta untuk mencover 15 keluarga,” kata Kadinsos Kota Jayapura Irawadi di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (23/1/18).

Pelayanan tiga program tersebut, kata Irawadi, disesuaikan dengan jumlah anggaran. Meski demikian Irawadi memastikan kualitas layanan tetap dimaksimalkan.

“Dana otsus untuk OAP ini baik asli Kota Jayapura maupun pendatang, yang jelas memiliki kartu tanda penduduk Kota Jayapura. Harapan kami dengan program pemberdayaan ini dapat meningkatkan perekonomian,” kata Irawadi.