Pasific Pos.com
Kriminal

Tiga Kantor Pemerintah Di Kabupaten Yalimo Di Bakar Orang Tak Dikenal

JAYAPURA – Tiga Kantor Dinas di pemerintahan Kabupaten Yalimo, di bakar sekelompok orang tidak dikenal Selasa (24/9) malam, pukul 19.30 WIT.

Belum diketahui pasti penyebab pembakaran itu, dimana hingga saat ini kasus tersebut masih dalam penyidikan dan penyelidikan pihak kepolisian resor Jayawijaya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal, di Mapolda Papua Rabu (25/9) pagi, menerangkan tiga kantor dinas yang dibakar sekelompok orang tidak dikenali yakni kantor Dinas Kominfo, Badan Arsip Daerah, serta Kantor Satuan Polisi Pamong Praja.

“Kejadian terjadi pukul 19.30 WIT, yang terbakar itu merupakan gedung bekas Kantor Bupati yang saat ini di jadikan atau ditempati tiga dinas,” terangnya.

Ia pun menjelaskan belum mengetahui pasti motif pembakaran yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak dikenal, namun dugaan kuat aksi itu merupakan aksi kekecewaan lantaran dana beasiswa bagi pelajar belum dicairkan oleh pemerintah.

“Sebelum kejadian pembakaran, sempat ada aksi demo yang dilakukan oleh mahasiswa yang menuntut agar dana beasiswa secepatnya di cairkan, namun kami masih akan dalami lagi apakah ada sangkut-pautnya aksi pembakaran dengan aksi demo hari sebelumnya,” tutur Kamal.

Kata Kamal, setelah melakukan pembakaran tiga Kantor dinas, sekelompok orang tersebut pun hendak melakukan aksi serupa terhadap kantor dinas kependudukan namun berhasil digagalkan oleh warga sekitar.

“Ketika hendak membakar kantor dinas kependudukan warga sekitar berusaha menghalangi kemudian para pelaku melarikan diri,” ucapnya.

Untuk saat ini, lanjut Kamal, situasi Kamtibmas di Kabupaten Yalimo kondusif pasca pembakaran tiga kantor pemerintah oleh sekelompok orang tidak dikenali.

“Dari laporan situasi aman, rencananya pagi ini Kapolres Jayawijaya akan mendatangi lokasi untuk memantau secara langsung kondisi disana,” jelas Kamal.

Ketik ditanyakan, apakah ini ada sangkut pautnya dengan aksi di Wamena, terang Kamal, dirinya belum bisa memastikan, namun yang jelas tidak ada hubungan aksi di Wamena dengan aksi pembakaran di Yalimo.

Cap : Kondisi Kantor Dinas Kominfo, Badan Kearsipan serta kantor Satpol PP ketika dilahap si’Jago merah