Pasific Pos.com
Info Papua

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

120 Orang Asli Papua Terinfeksi Virus Corona
Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, S. Sumule

JAYAPURA – Tiga Kabupaten di Provinsi Papua mencatatkan “zero” COVID-19 setelah seluruh pasien di daerah itu berhasil sembuh dari virus corona.

Dari data yang dirilis Satgas Covid Papua, tiga kabupaten yang zero Covid-19 adalah Kabupaten Merauke, Supiori dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

Juru Bicara Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan, tiga kabupaten tersebut tetap harus waspada, karena bisa saja masih bisa buncul lagi virus corona karena lalu lintas pergerakan orang.

“Kabupaten yang sudah zero tetap waspada, karena masih terdapat orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP),” ujarnya, Selasa, 30 Juni 2020.

Ia mengatakan, kabupaten terpapar covid di Papua bertambah satu lagi, yakni Kabupaten Lanny Jaya, dimana terdapat 1 pasien positif dan saat ini sedang dalam perawatan.

Dengan demikian, hingga kini sudah ada 17 kabupaten di Papua yang terpapar Covid, namun tiga kabupaten seluruh pasiennya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, angka pasien covid-19 Papua per hari ini (Selasa-red) bertambah 33 kasus positif, dengan demikian total virus corona sebanyak 1719 kasus.

Dari angka tersebut sebanyak 832 kasus dalam perawatan, 869 pasien sembuh dan 18 orang meninggal.

Sumule menambahkan, angka ODP Papua sebanyak 2.885, PDP 247 dan pemeriksaan PCR dan TCM sebanyak 13.855.

Sementara 14 daerah lagi masih masuk “zona merah” karena tercatat masih ada pasien yang positif terpapar COVID-19. Daerah itu masing-masing Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Keerom, Nabire, Jayawijaya, Boven Digoel, Sarmi, Kep. Yapen, Yalimo, Waropen, Puncak Jaya dan Lanny Jaya.

Dari seluruh daerah itu Kota Jayapura masih mencatatkan kasus positif terbanyak yaitu total positif 898 orang, meninggal 11 orang. Meski demikian tingkat kesembuhan juga tinggi yakni 302 orang.

Disusul Kabupaten Mimika dengan jumlah positif 391 kasus, Sembuh 322 orang, meninggal 6 orang, Kab. Jayapura 196 kasus, sembuh 84 orang dan meninggal 1 orang.

Biak 82 kasus, pasien sembuh 66 orang, Keerom 47 kasus, sembuh 22 orang, Nabire 24 kasus positif, 14 orang sembuh.

Artikel Terkait

ID Card Bebas Covid Palsu Beredar Di Pasar Youtefa

Fani

Ini Penyebab Pemkot Jayapura Kembali Tutup Pasar Youtefa

Zulkifli

Angka Kesembuhan Covid-19 di Papua Terus Meningkat

Bams

Sumule : Wabah Corona Belum Berkahir, Pemda Diminta Lebih Waspada

Bams

84 Tenaga Medis Dok II Jayapura Positif Corona

Bams

Pemkot Jayapura Serahkan Bantuan Sembako Tahap II

Fani

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Bams

Doni Monardo Bangga Dengan Klub Persipura

Bams