Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tiga Calon Tamtama Siap Bersaing Di Tingkat Pusat

MERAUKE,ARAFURA,-Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke melaksanakan Sidang Panitia Penentu Akhir Daerah (Pantukhirda) Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA. 2018 dipimpin langsung Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han) selaku Ketua Sidang di Ruang Rapat Serbaguna Mako Lantamal XI. Rabu (7/2).

Sidang Pantukhir Daerah Panda Merauke dihadiri oleh Sekertaris Aspers Danlantamal Xl Kolonel Laut (KH) Ir. Yuliwirya Basri, Ketua Tim Pemeriksaan Administrasi Kadisminpers Lantamal Xl Letkol Laut (KH) Franky Freddy D.S, S.H., M.M., Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Kadiskes Lantamal Xl Letkol Laut (K) Wahyu Eko Karyono, A.Md., Ketua Tim Pemeriksaan Mental Ideologi Asintel Danlantamal Xl Kolonel Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., dan Ketua Tim Pemeriksaan Jasmani Letda Laut (KH) Dede Syamsul Marif, S.Pd.

Setelah melewati beberapa rangkaian tes yang meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes kesemaptaan jasmani dan postur tubuh, tes psykologi, serta tes mental ideologi dan sinyalemen dactyloscopi, maka Panitia Daerah Lantamal XI Merauke menetapkan tiga orang calon Tamtama PK TNI Angkatan Laut Gelombang I TA. 2018 dinyatakan lulus dan siap bersaing dengan calon-calon lainnya dari berbagai daerah di Indonesia di Pantukhir Pusat yang akan dilaksanakan di Lembaga Penyedia Tenaga Angkatan Laut (Lapetal) Malang Jawa Timur.

Menurut Sekertaris Panda Merauke Aspers Danlantamal Xl Kolonel Laut (KH) Ir. Yuliwirya Basri bahwa seleksi penerimaan dilaksanakan untuk menjaring Calon Tamtama TNI AL mengutamakan faktor kualitas sebagai bagian utama untuk menjadi Prajurit TNI. Untuk tahun ini Panitia Daerah Lantamal XI Merauke akan mengirim 3 orang calon untuk mengikuti seleksi Pantukhir Pusat dan dari ketiga calon tersebut terdapat satu orang putra daerah Merauke yang akan bersaing dan membawa nama baik Kabupaten Merauke di tingkat pusat.

“ Harapan ke depan, animo masyarakat khususnya putra daerah sangat diharapkan karena TNI Angkatan Laut akan memberikan prioritas kepada putra daerah dalam proses perekrutan Prajurit TNI Angkatan Laut,”ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Panitia Daerah Lantamal XI Merauke menempati urutan kedua persentase kelulusan panitia daerah paling tinggi setelah Panitia Daerah Lanal Sabang dalam proses perekrutan Prajurit TNI AL karena dalam setiap pengiriman calon ke Tingkat Pusat mampu bersaing dan lulus 100 persen. Hal ini merupakan suatu prestasi tersendiri bagi Lantamal XI dan semoga tahun ini mampu mempertahankan prestasi tersebut.