Pasific Pos.com
Headline

Tiga Agenda Papua di Los Angeles

LOS ANGELES – Tiga agenda utama mahasiswa Papua di Amerika Serikat yakni Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua, Musyawarah Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Papua United States Of Amerika (Musorma IMAPA-USA) dan Natal Bersama Mahasiswa Papua se-Amerika Serikat berlangsung aman dan sukses.

Suksesnya tiga agenda tersebut tak terlepas dari dukungan  Pemerintah Provinsi Papua, Papua Barat, dan Pemerintah Pusat melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC dan seluruh KJRI di Amerika Serikat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP.MKP.M.Si mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi mensukseskan tiga agenda penting mahasiswa Papua di negeri Paman Sam itu.

“Atas nama Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH dan wakil gubernur Klemen Tinal,SE.MM, saya menyampaikan apresiasi dan terima kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan adik-adik kami sehingga berlangsung aman dan sukses,”kata Sekda Dosinaen.

Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua berhasil menetapkan langkah-lankah strategis yang akan dilakukan mahasiswa untuk mendukung pembangunan Papua yang dicetuskan melalui Deklarasi Generasi Emas Papua Los Angeles” atau Deklarasi Los Angeles.

Konferensi ini turut menyelenggarakan program link and match dalam bentuk program magang (OPT-Optional Practical Training) dan rekrutmen di beberapa perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia. Perusahaan yang berpartisipasi adalah Artha Graha, Freeport McMoran, Panda Express, Kikka Sushi, Lion Air Group, Air Asia Indonesia, JANS Food, D-Art Collection dan American Furniture Manufacturing.

Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan menyatakan bahwa penyediaan lapangan kerja merupakan gagasan KJRI Los Angeles dan menjadi salah satu tujuan penting dari pelaksanaan Konferensi sehingga membuka kesempatan bagi mahasiswa Papua setelah berhasil lulus”. Konsul Jenderal menambahkan bahwa Program Link and Match ini merupakan bagian dari upaya membangun SDM Papua yang pada gilirannya berkontribusi pada pembangunan di Tanah Papua, Indonesia”.

Sedangkan Musyawarah Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Papua United States Of Amerika (Musorma IMAPA-USA) secara demokratis memilih ketua IMAPA-USA masa bhakti 2020-2022.

Sementara Natal bersama mahasiswa Papua se-Amerika serikat dengan Pemerintah Provinsi Papua, Papua Barat, serta Pemerintah Pusat melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC dan seluruh KJRI di Amerika Serikat, memperat tali kasih antar mahasiswa dan pemerintah.