Pasific Pos.com
Headline Info Papua Sosial & Politik

Tiba di Papua, Ahmad Doli Kurnia: Kehadiran Saya untuk Mempersiapkan Konsolidasi di Tiga Provinsi Baru

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Provinsi Papua, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung didampingi salah satu pengurus Golkar Papua sedang memberikan keterangan kepada wartawan, di ruang VIP Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (10/10/2022).

JAYAPURA – Partai Golkar Papua mulai melakukan berbagai persiapan menjelang pertarungan politik pada Pemilu Tahun 2024 mendatang. Persiapan yang dilakukan partai berlambang pohon beringin ini salah satunya yaitu, melakukan konsolidasi di tiga Provinsi baru pemekaran Provinsi Papua.

Hal itu diungkapkan Perwakilan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Provinsi Papua, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat ditemui di VIP Room Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (10/10/2022).

“Jadi saya hadir di Papua hari ini, untuk mempersiapkan konsolidasi. Dimana yang pertama, kita akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) di tiga provinsi baru yakni, Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Selatan,” kata Ahmad Doli Kurnia.

Terkait pelaksanaan Musda, lanjut pria yang juga menjabat Ketua Komisi II DPR RI ini, pihaknya sudah melakukan rapat di DPP Partai Golkar.

“Yang mana, ketua umum menginstruksikan agar kita segera mempersiapkan diri menyambut terbukanya provinsi baru di papua. Sebab, ini merupakan bagian dari konsolidasi partai untuk persiapan menjelang Pemilu tahun 2024,”ujarnya.

Sebagai pelaksana tugas Partai Golkar Papua, Ia menegaskan sudah meminta jajaran Partai Golkar di Papua untuk mempersiapkan diri guna menyambut terbentuknya tiga provinsi baru ini dengan menggelar musyawarah daerah di tiga daerah pemekaran tersebut.

“Oleh karena itu, hari ini kami akan melakukan Musda di Provinsi Papua Pegunungan yang dipusatkan di Kabupaten Tolikara. Setelah itu, besoknya ke Nabire, Provinsi Papua Tengah dan selanjutnya pada hari Rabu, kita Merauke untuk melaksanakan kegiatan yang sama di Provinsi Papua Selatan,” sebutnya.

Melalui Musda tersebut, pihaknya juga ingin supaya provinsi baru bisa langsung melakukan konsolidasi terhadap kesiapan pemenangan Pemilu 2024 mendatang.

Ia berharap jika pengurus sudah terbentuk atau terpilihnya ketua yang baru, dapat juga tersusun kepengurusan yang baru dan langsung melakukan konsolidasi ke tingkat kabupaten/kota. Kemudian sampai ke distrik dan kampung untuk memastikan bahwa, semua jaringan partai telah tekonsolidasi dengan format baru dan tim yang solid.

Kalau selama ini, kata Doli, konsolidasinya masih menjadi bagian dari Provinsi Papua tapi kini konsolidasinya harus ke tiga provinsi baru lagi.

“Untuk itu, sekarang ini sudah harus mempersiapakan diri untuk anggota DPR RI bukan hanya dari Dapil Provinsi Papua tetapi juga Dapil Provinsi Papua Pegunungan, Dapil Provinsi Papua Tengah, dan Dapil Provinsi Papua Selatan,” tegas Doli.

Ia menambahkan, Bulan Desember sudah ada pejabat gubernur di tiga provinsi baru maka itu tentu Golkar di masing-masing provinsi harus mempersiapkan diri untuk bisa membangun komunikasi, memberikan dukungan pemerintaan transisi.