Pasific Pos.com
Kriminal

Tersangka Pemerkosa Bocah 7 Tahun Diserahkan ke Kejaksaan

Jayapura,- Kasus perkara pemerkosaan yang menimpah anak berusia tujuh tahun di Kamkey BTN walikota, Abepura beberapa waktu lalu, akhirnya di limpahkan oleh penyidik Unit Perlindungan perempuan dan anak Sat Reskrim Polres Jayapura Kota kepada Kejakasaan Negeri Jayapura guna di persidangkan, Jumat (26/1/18) siang.

Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra mengungkapkan penyerahan berkas perkara beserta pelaku dan barang bukti langsung diterima oleh jaksa penuntut kejaksaan negeri Jayapura dan akan ditindaklanjuti hingga pengadilan.

“Kasus berkas perkara pelaku pemerkosaan YMK sudah dinyatakan lengkap atau dibilang p21 sehingga pelaku dan barang bukti langsung diserahkan oleh penyidik, dan diterima oleh JPU Yang Melvina Rian SH,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan dalam kasus pemerkosaan anak di bawah umur yang dilakukan oleh YKM, sedikitnya ada tujuh orang saksi yang dimintai keterangan untuk kelengkapan berkas perkara.

“Sedikitnya sudah ada tujuh saksi yang penyidik mintai keterangan termasuk keterangan pelaku sendiri,” ujarnya.

Dirinya pun menambahkan, atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 81 ayat 1 undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas udang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman 15 tahun penjara.

Lanjut Jahja, YMK selain melakukan kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur di Kota Jayapura, pelaku juga pernah melakukan kasus yang sama di Biak dan Nabire beberapa tahun sebelumnya, namun kasus tersebut masih dilakukan penyidikan, sementara untuk di Jayapura sudah dilakukan tahap P21 kepada kejaksaan.

“untuk kasus pelaku yang ada di Nebire dan Biak memiliki wilayah hukum masing-masing dan nantinya apabila pelaku diproses hukumannya akan bertambah,” terangnya.

Sementara itu perlu diketahui, kasus pemerkosaan anak di Bawah Umur yang dilakukan oleh YMK terjadi pada tanggal 7 oktober tahun 2017 lalu, dimana warga seputaran BTN Walikota Kamkey, distrik Abepura digegerkan dengan temuan bocah berusia tujuh tahun dalam kondisi pingsan usai di perkosa oleh YMK.

Selian itu juga, modus pelaku sebelum melakukan pemerkosaan terhadap korbannya baik yang ada di Jayapura, Biak Maupaun Nabire dengan cara pendekatan serta mengajak para korbannya untuk membeli sesuatu, setelah itu korbannya diperkosa oleh pelaku.