Pasific Pos.com
Papua Selatan

Terkait Pilkada, ‘Warga Ngeluh Tidak Diundang’

MERAUKE,ARAFURA,- Sejumlah warga di Kabupaten Merauke belum mendapatkan formulir C-6 KWK atau undangan memilih hingga hari pencoblosan. Menanggapi hal itu, Divisi Teknis Pemilu KPU Kabupaten Merauke, Gregorius Teguh Raharyo, S.Hut mengatakan untuk masyarakat yang tidak mendapatkan formulir C-6 bisa datang ke TPS dengan membawa e-KTP.

Sementara bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT maupun PPH dapat juga memilih dengan membawa e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke pada jam 12 atau satu jam sebelum pemungutan suara berakhir.

“Dapat memilih di TPS dengan catatan surat suara masih tersedia jika surat suara sudah habis, maka bisa bergeser ke TPS terdekat,” tuturnya di Kantor KPU Merauke, Rabu (27/6).

Menurutnya, formulir C-6 KWK atau undangan memilih merupakan suatu kebiasaan untuk memilih. Jika mereka tidak mendapatkan undangan untuk memilih maka mereka tidak mau untuk melakukan pemilihan. “Formulir C-6 ini hanya sebagai pemberitahuan saja. Bagi mereka yang sudah terdaftar di DPT bisa memilih tanpa menerima formulir C-6,” ucapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya banyak TPS yang sepi. Tetapi juga belum bisa dipastikan partisipasi masyarakat apakah menurun atau meningkat. Diharapkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dapat berjalan secara maksimal. Pasalnya, logistik Pemilu di semua distrik sudah didistribusikan sebelum pemilihan dilakukan.

Lebih lanjut dijelaskan, seminggu sebelum dilakukan pemilihan pihaknya sudah melakukan pengumuman kepada masyarakat melalui media mobil keliling untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya.