Pasific Pos.com
Kriminal

Terima Jaminan Motor Curian, Seorang Pria Ditangkap

JAYAPURA,- PA (34) warga Baru Belakang Smk N 5 Abepura tidak berkutik saat diamankan Tim Osnal Sat Reskrim Polres Jayapura lantaran kedapatan membawa motor yang diduga hasil curian saat melintas di seputaran daerah BTN Ceria Sentani, Senin (16/7) malam.

Setelah diamankan dan dilakukan pemeriksaan ternyata motor Honda yang dibawanya memiliki laporan Polisi di Polsek Jayapura Selatan dan selanjutnya barang bukti dan pelaku langsung dilimpahkan ke Polsek Japsel untuk ditindaklanjuti.

Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra, menuturkan, dari hasil pemeriksaan ternyata motor yang dipakai PA merupakan motor hasil curian dan memiliki laporan kehilangan sejak Desember tahun 2017 lalu dengan lokasi kejadian di jalan Baru Pantai Hamadi.

“Pelaku akan dijerat dengan pasal 480 KUHP lantaran menguasai barang yang diduga hasil curian, sedangkan laporanya ada sesuai dengan nomor laporan polisi LP/698/XII/2016/PAPUA/RES JPR KOTA/SEK JAPSEL,” ujarnya.

Kata Jahja, sampai dengan saat ini pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polsek Jayapura Selatan untuk pemeriksaan lanjutan, beserta barang bukti satu unit motor Honda beat.

“Dari hasil pemeriksaan PA mengaku kalau motor tersebut bukan miliknya melainkan milik RH yang digadainya seharga Rp.600 ribu untuk membeli tiket, setalah balik RH akan mengambil motor itu dan mengambalikan uang yang dipinjam,” ucapnya.

Dirinya pun menambahkan untuk RH yang diduga sebagia pelaku akan dilakukan pengejaran apabila yang bersangkutan telah berada di Jayapura, lantaran saat ini dari keterangan PA bahwa RH sedang berada di Yahukimo dan nantinya akan balik pada 27 Juli mendatang.