Pasific Pos.com
Papua Selatan

Terapkan Kuliah Online, Mahasiswa Diharap Mampu Memahami

unmus merauke Terapkan Kuliah Online
Supriyadi, dosen mata kuliah fisika dan pendidikan IPA SD di jurusan PGSD (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Selama masa libur 14 hari resmi ditetapkan maka para dosen yang ada di lingkup Unmus menerapkan konsep pembelajaran secara online.

Salah satunya adalah Supriyadi yang fokus dengan mata kuliah yang ia ajarkan, yakni proses belajar mengajar fisika untuk di jurusan pendidikan fisika dan pendidikan IPA SD di jurusan PGSD.

Kepada ARAFURA News ia menyampaikan bahwa sesuai surat edaran dari Rektor Musamus terkait tentang pembelajaran yang tidak dilakukan secara tatap muka maka dirinya menggunakan pembelajaran berbasis daring atau online media.

Adapun yang ia gunakan adalah media WhatsApp dan Google Classroom yang memang sengaja dipilih karena dianggap paling mudah dan bisa dimengerti oleh mahasiswa.

“Pelaksanaan perkuliahan sendiri itu dimulai dari tanggal 17 Maret lalu, namun sebenarnya cara ini sudah kita gunakan di kelas sejak lama hanya sekarang menjadi lebih aktif karena adanya isu penyebaran virus Corona ini,”jelasnya.

Ia menjelaskan, kesulitan dalam mengajar berbasis daring atau via online antara lain tidak semua mahasiswa mempunyai paket data yang cukup untuk pembelajaran serta sejumlah mahasiswa yang tidak memiliki laptop atau HP Android.

Kondisi ini menyebabkan mereka menghadapi kesulitan sehingga pembelajaran yang dosen lakukan tidak sepenuhnya online tapi masih blended. Caranya dalam perkuliahan ini mahasiswa diminta untuk masuk di aplikasi Google Chrome dimana dosen akan memberikan materi.

Tentunya dilakukan pada jam perkuliahan sesuai jadwal. Diskusi dapat dilakukan lewat sarana tersebut dan nantinya pada saat masuk kuliah, tugas-tugas yang sudah diberikan dapat dikumpulkan. Ia berharap mahasiswa yang tidak sempat atau tidak bisa mengikuti perkuliahan secara online dapat menyusul dengan menanyakan materi tugas melalui teman.

Artikel Terkait

Dosen Unmus Lakukan Pengabdian, ‘Pembuatan Pempek Gastor Di Kampung Sumber Mulya Distrik Kurik’

Arafura News

UKMI Al Kamil Unmus Gelar Pelatihan Menulis Opini

Arafura News

Dosen Unmus Beri Pelatihan Google Classroom Dan Quizizz

Arafura News

Pengembangan Desa Mitra Di Kampung Wasur

Arafura News

Tim Dosen Unmus Hibahkan Alat Peraga Fisika Karya Mahasiswa

Arafura News

Kegiatan KKN 2020, Mahasiswa Unmus Gelar Taman Belajar Bagi Anak – Anak

Arafura News

UKM Racana Unmus Galang Dana Untuk Luwu Utara Dan Sorong

Arafura News

Mahasiswa Unmus Tunjukkan Kepedulian Lewat KKN Covid 19

Arafura News

Kepedulian Pramuka Racana Unmus Saat Pandemi

Arafura News