Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Telkomsel Permudah Pelanggan Ganti Kartu SIM ke 4G Melalui Empat Pilihan e-Commerce

Telkomsel Permudah Pelanggan Ganti Kartu SIM ke 4G Melalui Empat Pilihan e-Commerce.

Jayapura – Teknologi 4G LTE di Indonesia mulai mengudara sejak tahun 2014 silam, atau lebih dari enam tahun yang lalu. Dengan adanya teknologi seluler generasi keempat ini, masyarakat Indonesia menjadi lebih mantap menggunakan smartphone kesayangannya untuk berbagai macam kebutuhan dan menunjang gaya hidup digital.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Maluku dan Papua Alfon Oktrianda mengatakan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan pelanggan ketika sudah beralih ke jaringan 4G LTE. Streaming video menjadi lebih lancar, begitu pula download, upload, hingga bermain game online juga lebih nyaman. Secara teori, 4G LTE sanggup menghantarkan kecepatan hingga lebih dari 200 Mbps.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin mengganti kartu lamanya, yang masih berupa kartu SIM 2G/3G, untuk beralih atau migrasi ke kartu USIM 4G, Telkomsel menyediakan beragam cara baik secara offline maupun online. Untuk pilihan tukar kartu USIM 4G secara online, pelanggan bisa mencobanya melalui beberapa platform e-commerce rekanan, yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID.

Sebagai informasi, mekanisme ini khusus bagi pelanggan prabayar dan tidak berlaku bagi pelanggan yang nomornya terdaftar layanan mobile banking (m-banking).

“Untuk pelanggan pengguna kartuHalo dan pelanggan yang nomornya terdaftar m-banking, dapat mengganti kartunya ke USIM 4G di GraPARI terdekat. Pelanggan tak perlu khawatir, karena nomor yang digunakan tidak akan hangus atau berubah,” ungkap Alfon.

Pelanggan Telkomsel dapat membeli terlebih dahulu kartu USIM 4G melalui empat rekanan e-commerce diatas. Silakan masuk ke halaman Telkomsel Official Store, klik tombol beli, lengkapi alamat pengiriman, pilih jenis kurir, pilih metode pembayaran, dan selesaikan pembayaran. Cukup dengan Rp 5.000,00 maka pelanggan sudah bisa mendapatkan kartu USIM 4G (diluar ongkos kirim).

Pastikan smartphone yang dimiliki sudah mendukung jaringan 4G LTE dan memiliki pulsa minimal Rp 10,- karena saat proses migrasi berlangsung akan memotong pulsa pelanggan senilai Rp 10,-. Begitu pula, pastikan Anda berada di kota atau area yang sudah ter-cover oleh jaringan 4G LTE Telkomsel.

Bagi nomor yang sukses migrasi, akan mendapatkan tambahan kuota khusus di jaringan 4G sebesar 30GB selama satu bulan. Syaratnya nomor tersebut sudah aktif digunakan selama minimal 6 bulan dengan jumlah penggunaan lebih dari Rp 100.000,- setiap bulannya.

Sedangkan untuk nomor dengan masa aktif minimal 3 bulan dan pemakaian kurang dari Rp 100.000,- setiap bulannya, maka akan mendapatkan tambahan kuota khusus di jaringan 4G sebesar 15GB selama satu bulan.

“Kami terus mengajak bagi para pelanggan Telkomsel yang belum beralih ke USIM 4G, agar segera memigrasikan kartunya untuk mendapatkan berbagai keunggulan jaringan 4G LTE Telkomsel. Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, migrasi kartu USIM 4G Telkomsel secara mandiri dengan mendapatkannya melalui e-commerce menjadi pilihan yang menarik dan dapat meminimalisir kontak dengan orang lain,” kata Alfon.

Berikut registrasi kartu USIM 4G :
Dari kartu lama :
1.Hubungi *888*46# lalu pilih “1. Ya, Terima PIN 4G”
2.PIN 4G akan dikirimkan melalui SMS dan catat PIN 4G ini.

Kemudian, masukkan kartu USIM 4G ke dalam smartphone dan ikuti langkah berikut :
1.Hubungi *888*46#
2.Masukkan PIN 4G yang sudah didapatkan dari kartu lama
3.Notifikasi berhasil upgrade kartu 4G akan dikirimkan melalui SMS.(Zul)