Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tekan Pelanggaran Lewat Pengawasan

MERAUKE,ARAFURA,- Proses pengawasan dalam tahapan kampanye sangat penting untuk dilakukan. Selain Panitia Pengawas Pemilu (Pemilu), fungsi pengawasan juga diharapkan bisa dilakukan oleh masyarakat melalui pengawasan partisipatif.

Hal itu dikemukakan Anggota Panwaslu Kabupaten Merauke Devisi Hukum dan Penindakan, Felix Tetol, saat Forum Group Diskusi (FGD) pengawasan tahapan kampanye pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 di Swisbell-Hotel, Selasa (27/2).

Dikatakan, tahapan kampanye Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Papua akan segera dilaksanakan. Karena itu, masukan dari berbagai pihak sangat diharapkan sehingga tugas pengawasan tersebut bisa dijalankan secara maksimal.

“Para peserta diundang untuk bersama-sama berdiskusi untuk melihat apa kira-kira yang akan dilakukan bersama, dalam rangka menjalankan pengawasan pada tahapan kampanye,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini perlu dibicarakan bersama, sehingga pengawasan partisipatif dalam proses Pemilukada bisa dijalankan. Karena itu, dalam kegiatan ini juga disampaikan hal-hal yang menjadi larangan dalam kampanye sehingga bisa diketahui bersama.
Kemudian, jika ada pengalaman dalam Pemilu-Pemilu sebelumnya juga diharapkan bisa disampaikan, sehingga bisa membuat srategi baru dalam proses pengawasan. Dengan begitu, akan tercipta pesta demokrasi yang betul-betul berintegritas dan mendapat roh dari pemilihan itu sendiri yakni langsung umum, bebas, jujur dan adil.

“Masukan dari bapak ibu sekalian, dapat membantu kami dalam menjalankan fungsi kami sebagai pengawas Pemilu dengan lebih maksimal lagi,”ujarnya.

Sementara itu, FGD yang dilaksanakan sehari itu menghadirkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kepolisian, Kesbang, Kejaksaan, akademisi, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tamu undangan lainnya.