Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Tarian dan Lagu Khas Papua Iringi Launching Sekolah Ramah Anak

 

JAYAPURA, – Lagu tanah Papua, tarian pangkur sagu dan tarian nusantara, puisi mengiringi acara launching sekolah ramah anak di SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (10/2/18).

Memakai pakaian buatan sendiri siswa-siswa, tampak lincah gaya dan pertunjukkan menarik dipersembahkan oleh siswa-siswa SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja.

Penonton yang menyaksikan ikut bersorak, bertepuk tangan, gembira dan menyemangati teman-teman yang menampilkan kretifitas. Penonton semakin bersorak saat peserta menampilkan tarian khas baby shake.

Bahkan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, yang ikut menyaksikan penampilan itu memberikan tepuk tangan atas kreatifias siswa-siswa SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja.

“Saya anggap ini sebagai rumah saya juga karena saya alumni SMP Muhammadiyah Jayapura. Pemerintah menyampaikan terima kasih karena membangun SDM dan mencerdaskan,” kata Benhur sekaligus meresamikan sekolah ramah anak di SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja.

Selain ilmu, kata Benhur, iman juga harus diisi karena meski ilmu tinggi tapi tidak mempunyai iman bisa menghancurkan orang banyak. Maka itu iman dan ilmu harus jalan bersamaan untuk membangun generasi cerdas dan berkarakter.

“Ada tiga sekolah yang sudah menerapkan sekolah ramah anak, dan ini dilakukan secara bertahap untuk menghasilkan pendidikan berkualitas, berwawasan baik dan berakhlak mulia,” kata Benhur.

“Pesan saya guru dan siswa harus menunjukkan sikap santun, moral dan tingkah laku yang baik sesuai moto Kota Jayapura (Kota Beriman). Agama sebagai dasar kebahagiaan di dunia dan akhirat,” kata Benhur menambahkan.

Kepala SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja, Amin Riyati mengatakan konsep sekolah ramah anak yang diterapkan, yaitu secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang secara aktif.

“Sekolah ramah anak ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Kota Jayapura untuk menjadikan anak-anak berpendidikan berkualitas, baik, cerdas untuk membangun generasi berkarakter sesuai visi misi SMP Al-Ihsan Yapis Kotaraja,” kata Amin.