Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Target Tak Tercapai 100 Persen pada Triwulan III – 2019, Ini Penjelasan Dirut BPR Irsen

Jayapura – Manajemen Bank Perkreditan Rakyat Irian Sentosa (BPR Irsen) mencatat pencapaian target pada triwulan III tahun 2019 (Juli-September) dari beberapa parameter seperti aset, dana pihak ketiga (DPK) dan penyaluran kredit tidak tercapai 100 persen.

Direktur Utama BPR Irsen, Arif Windarto menjelaskan, kondisi beberapa daerah di Papua kurang kondusif menyebabkan target tidak tercapai.

“Kalau untuk aset tercapai 95 persen dari target atau Rp1,192 miliar, terealisasi hanya Rp1,135 miliar, lalu kredit yang diberikan target Rp1,095 miliar terealisasi Rp996 juta atau 91 persen, dan DPK targetnya Rp114 miliar terealisasi Rp106 miliar atau 93 persen,” jelas Arif, Selasa (15/10/2019).

Ditambahkan, kondisi keamanan sangat berdampak pada kinerja perbankan lantaran tidak dapat beroperasi normal apabila keamanan terganggu.

“Seperti kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu di Kota Jayapura dan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Kantor tidak buka, banyak nasabah yang eksodus keluar Papua, terlebih di Wamena, aset kami cukup besar, jadi sangat berdampak,” kata Arif.

Bahkan, kata Arif, dampak kerusuhan tersebut akan terasa hingga akhir tahun ini. Ia mengungkapkan kendati kinerja tumbuh hingga akhir tahun 2019, tetapi tidak sesuai yang diharapkan. (Zulkifli)