Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tanamkan Jiwa Nasionalisme Lewat Upacara Bendera

MERAUKE,ARAFURA,- Upaya untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan bela negara terus dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 323/BP Kostrad di wilayah perbatasan RI-PNG. Salah satunya dengan menginisiasi pelaksanaan upacara bendera perdana bagi karyawan PT Korindo, di Asiki, baru-baru ini.

Upacara bendera yang digagas satgas Yonif 323/BP Kostrad sangat menarik perhatian seluruh karyawan perusahaan. Hal itu terlihat dari antusias mereka untuk mengikuti upacara bendera yang baru pertama dilaksanakan tersebut.

Sebagai inspektur upacara, Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina,M.Si. Dalam amanatnya, inspektur upacara menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pihak perusahaan yang telah menyetujui dan mendukung pelaksanaan upacara bendera.

“Sebagai warga negara Indonesia, pelaksanaan upacara merupakan salahs atu upaya untuk menanamkan jiwa nasionalisme, yang merupakan bagian dari aplikasi bela negara,”ungkapnya sesuai press releace yang diterima media ini.

Apresiasi juga disampaikan Pimpinan PT Korindo, Mr.Lee Jung Myeong. Menurutnya, Satgas dinilai telah membantu mendisiplinkan dan menanamkan jiwa nasionalisme karyawan melalui kegiatan upacara bendera yang rencananya akan secara rutin dilaksanakan tanggal 17 setiap bulannya.

“Selain sebagai karyawan perusahaan, orang-orang yang bekerja di sini seluruhnya merupakan masyarakat Asiki, yang sangat memerlukan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme mereka sebagai warga negara Indonesia,”tukasnya.

Sementara itu, petugas upacara dipilih dari kalangan karyawan perusahaan yang sebelumnya telah dilatih oleh personil Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad. Ini dilakukan, untuk dapat menambah kepercayaan dan kebanggaan diri bahwa mereka bisa, mereka mampu dan mereka juga bagian dari warga Negara Indonesia.