Pasific Pos.com
Papua Tengah

Takimai – Pigome Kembali Jabat Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Deiyai

DEIYAI – Kabupaten Deiyai salah satu kabupaten di Provinsi Papua sebagai peserta Pilkada Serentak tahun 2018. Berdasarkan agenda Pilkada tersebut, tiga pasangan kandidat, termasuk Bupati Petahana Dance Takimai telah mengikuti tahapan Pilkada Deiyai. Selama proses tahapan Pilkada berlangsung, kurang lebih beberapa bulan, hingga tanggal 23 Juni tahun 2018, telah dijabat oleh Plt Bupati Deiyai, Agustinus Pigome.

Dengan telah berakhirnya masa jabatan Plt Bupati Deiyai, maka terhitung sejak dari tanggal 24 Juni 2018, telah mulai kembali aktif menjabat Bupati Deiyai Dance Takimai dan Wakil Bupati, Agustinus Pigome, karena massa jabatan atau masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Deiyai masih belum berakhir.

Setelah aktif jabat sebagai bupati dan wakil bupati, pemerintah Deiyai mengadakan apel gabungan dihadiri, ASN, TNI, Polri dan honoler yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Deiyai, Tigido, Waghete.

Ketika dalam apel gabungan, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Deiyai, Marthen Ukago mengatakan, dengan diaktifnya kembali sebagai Bupati dan Wakil Bupati Deiyai, maka semua tugas sebagai kepala daerah akan menjalankan sebagaimana biasanya. Baik tugas dalam ketata administrasian maupun tugas lainnya dalam pemerintahan di Deiyai, hingga massa jabatan berkahir nanti. “Mulai hari ini, bupati sudah masuk kantor sebagaimana biasanya, hingga nanti massa jabatan berakhir,” katanya.

Ia juga menegaskan, para aparat ASN yang ada di Deiyai dapat menjaga netralitas dalam mengikuti pemilihan kepala daerah dan juga para ASN dapat terus aktif menjalankan tugas di kantor sebagaimana biasanya. Jangan terpengaruh dengan pesta Pilkada, sehingga para ASN malas ke kantor. Hak suara kalian tetapi memberikan kepada salah satu pasangan kandidat sesuai suara hatinya. Oleh karena itu, bupati kembali mengharapkan, para ASN jalani tugasmu sebagai pelayan masyarakat melalui kantor masing-masing.

Dia juga menambahkan, massa jabatan sebagai bupati dan wakil bupati juga akan berakhir dalam beberapa bulan kedepan tahun ini. (bob)