Pasific Pos.com
Papua Barat

Tahun Ini, Program Bantuan Modal Usaha Ditingkatkan

Bintuni, TP – Tahun 2018, pelayanan bantuan modal usaha bagi para pengusaha kecil yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kembali mendapat perhatian. Sebab, program menyentuh masyarakat kecil tersebut diklaim sukses menyentuh masyarakat akar rumput di tahun 2017 lalu.

Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT menyatakan berkaca pada tren positif program bantuan modal usaha tersebut, maka pada tahun 2018 ini program tersebut akan ditingkatkan agar lebih maksimal. Untuk itu, Bupati menuturkan jika telah memberi perintah bagi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengemban misi peningkatan perekonomian.

“Dari pengalaman tahun lalu, kita sudah berikan stimulant bagi 400 pelaku usaha kecil dari APBD TA 2017 sebesar Rp 5 miliar. Apa yang sudah kita lakukan, dapat dikatakan sebagai satu hal positif untuk mendorong peningkatan ekonomi rakyat,” ucap Bupati baru-baru ini.

Selain itu, Bupati menyebut pengalaman Pemda mengalokasikan Rp 24 miliar bagi seluruh distrik, turut memberikan kontribusi positif bagi program peningkatan ekonomi masyarakat. Pasalnya, dana sebanyak Rp 1 milyar per satu distrik mampu terserap dengan maksimal dan dapat dikelola langsung oleh masyarakat.

“Semua yang sudah kita lakukan ini untuk apa kalau bukan agar masyarakat bisa merasakan. Disisi lain, agar masyarakat tidak lagi ribut-ribut datang membawa proposal. Tapi, melalui program perekonomian itu tentunya diharapkan akan bisa bermanfaat bagi mereka (masyarakat). Akan tetapi, sekali lagi kalau itu mampu dikelola dengan baik, pasti uang yang beredar di masyarakat cukup banyak,” tukas orang nomor satu di jajaran Pemkab Teluk Bintuni itu. [VLI-R3]