Pasific Pos.com
Papua Barat

Tahun Ini Pemkab Manokwari Bangun 70 Lebih Rumah Layak Huni

Manokwari, TP – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Manokwari tahun ini akan membangun sekitar 70 lebih unit rumah layak huni untuk masyarakat.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Manokwari, Joni Towansiba, mengatakan rumah layak huni yang akan dibangun terdiri dari 2 tipe yakni tipe 36 dan tipe 70.

Joni menyebutkan, rumah layak huni tipe 36 akan dibangun sekitar 50 -an unit, dan tipe 70 sebanyak 22 unit.

“Pembangunannya semuanya tersebar di semua distrik di kabupaten manokwari,” kata Joni kepada wartawan disela-sela pengukuran tanah untuk pembangunan Rusun, di komplek Marina, baru-baru ini.

Dijelaskan Joni, pembangunan rumah layak huni tipe 36 kebanyakan merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui anggota DPRD Kabupaten Manokwari, sedangkan rumah layak huni tipe 70 merupakan kebijakan Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan.

Joni mengungkapkan, pembangunan rumah layak huni tipe 70 merupakan petunjuk kebijakan karena melihat kondisi orang asli Papua yang rata-rata tinggal serumah bisa sampau 5 keluarga.

“Maka itu, tipe 70 merupakan kebijakan dan semua target penyerahan rumah sudah jelas semuanya, jelas Joni.

Mantan kepala bagian umum Setda Manokwari ini menambahkan, pembangunan rumah layak huni tipe 36 dan 70 itu menggunakan APBD Manokwari tahun 2018.

“Sekarang sementara dikerjakan dan rencananya sudah diserahkan sekitar awal bulan November atau Desember tahun ini,” tandas Joni. [SDR]