Pasific Pos.com
Papua Barat

Tahun Ini, Lima Raperda yang akan Dibahas Bersama DPRD Manokwari

Manokwari, TP – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari menyiapkan 11 rancangan peraturan daerah (raperda) untuk dibahas bersama DPRD Kabupaten Manokwari. Namun, sesuai kemampuan keuangan, hanya 5 raperda yang akan diajukan untuk dibahas bersama para wakil rakyat.

“Sesuai anggaran yang tersedia, 5 raperda yang akan dibahas tahun ini,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Manokwari, Simson Dowansiba kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, Kamis (4/7).

Dari 5 raperda, lanjut Dowansiba, sudah 3 raperda yang diajukan untuk dibahas bersama DPRD, yakni Raperda tentang Retribusi Pariwisata, Raperda tentang Penataan Kawasan Kumuh, dan Raperda tentang Retribusi Menara Telekomunikasi. Sementara 2 raperda lagi masih digodok Bagian Hukum.

Staf Bagian Hukum Setda Kabupaten Manokwari, Nuning menambahkan, raperda tentang retribusi adalah prioritas, karena menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Manokwari.

Menurutnya, ketiga raperda yang sudah diajukan dalam masa sidang II DPRD Kabupaten Manokwari itu belum dibahas, karena ada agenda sidang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Manokwari Tahun Anggaran 2018. “Diharapkan 3 raperda itu segera dibahas untuk ditetapkan sebagai perda,” tandas Nuning. [BNB-R1]