Pasific Pos.com
Papua Barat

Tahun Depan Rindam XVIII/Kasuari Buka Pendidikan Perdana

Manokwari, TP – Pembangunan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVIII/Kasuari di atas tanah seluas 500 hektar di wilayah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) sudah mencapai 45 persen. Saat ini pengerjaan pembangunan sarana dan prasana Rindam masih terus berjalan.

Komandan Rindam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf. Tri Joko mengungkapkan, untuk proses pembangunan kini sudah memasuki tahap pembangunan lapangan tembak dan lapangan halang rintang. Sementara pengerjaan yang sudah selesai dibangun seperti, 6  unit barak, 1 gudang amunisi dan 1 gudang senjata.

 “ Proses selanjutnya, dalam tahun ini juga akan dibangun kolam renang, penambahan kamar mandi dan ruang makan untuk siswa baru dan kebutuhan pendukung lainya,” kata Joko kepada Tabura Pos di Makodam XVIII/Kasuari, belum lama ini.

Joko menjelaskan, secara spesifik Rindam XVIII/Kasuari diperkirakan mampu menampung sebanyak 200 siswa dan sekitar 300 pelatih. Ia juga mengaku bangga atas pembangunan Rindam XVIII/Kasuari sebagai Rindam pertama di wilayah Papua Barat.

 “Letaknya juga sangat strategis untuk pelatihan, letak medanya sesuai dengan kebutuhan standar, ada hutan gunung dan rawa laut, nah tinggal kita atur saja strategisnya nanti seperti apa,” terang Joko.  

Menurut Joko, personel yang akan bertugas di Rindam XVIII/Kasuari sebagaian besar diambil dari personil Kodam lain, karena jumlah personil Kodam XVIII/Kasuari masih sangat terbatas.

Jika tahun ini proses berjalan lancar mulai dari pembangunan sampai dengan pengisian personel, tambah Joko, maka ditergetkan tahun depan pendidikan perdana untuk calon Tantama dan Bintara sudah bisa dibuka.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Rindam XVIII/Kasuari, bisa member jawaban kepada pemerintah daerah,  kalau kita akan merekrut putra daerah sebanyak-banyakya sesuai kebijakan Panglima,” tandasnya. [BOM-R2]