Pasific Pos.com
Papua Barat

Tahun Depan Kepala Sekolah tidak Mengajar lagi

Manokwari, TP – Mulai tahun depan para kepala sekolah tidak lagi mengajar. Para kepala sekolah hanya fokus berjuang untuk menjalankan sekolah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba di hadapan para orangtua siswa kelas VI SDN 01 Manokwari, di gedung serbaguna Maranatha Center, Manokwari, baru-baru ini.

Dowansiba mengatakan, rencananya mulai tahun depan para kepala sekolah tidak lagi mengajar agar berjuang menjalankan sekolah dengan baik. Namun demikian, butuh kerja sama dari orangtua siswa.

“Kerja sama kepala sekolah orangtua siswa harus lebih baik,” tegasnya.

Menurut dia, pendidikan dalam hal ini berskolah menjadi dasar bagi seseorang untuk menggapai cita-citanya. Melalui sekolah, seseorang bisa menjadi pejabat seperti gubernur dan anggota dewan.

“Lewat sekolah hari ini ada gubernur dan anggota dewan, semua berasal dari sekolah. Sekolah menentukan segalanya, mau jadi apa dimulai dari sekolah.

Kepala SDN 01 Manokwari, Mariana Simanjuntak mengatakan, sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), SD menyelenggarakan pendidikan dan berperan strategis  untuk menyiapkan anak didik dengan ilmu dan pengetahuan serta membentuk karakter mereka untuk pendidikan jenjanng selanjutnya. Oleh karena itu,  kata dia, SDN 01 Manokwari dituntut memberikan pengajaran yang prima untuk menghasilka lulusan terbaik.

Namun demikian, menurut dia, proses pendidikan dan pengajaran serta pembentukan karakter anak tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah, tetapi tanggung jawab semua pihak.

“Saya ingatkan dan tegaskan bahwa proses pendidikan, pengajaran, dan pembentukan karakter bukan hanya tanggung jawab sekolah, tapi semua,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk memperoleh hasil yang optimal, yaitu pendidikan yang bermutu tinggi tinggi dan berkarakter. (CR44)