Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Tahun Ajaran Baru, Sekolah Diminta Tidak Melakukan Pungutan

 

JAYAPURA – Tahun ajaran baru 2018/2019, sekolah di Kota Jayapura diminta untuk tidak melakukan pungutan setiap penerimaan siswa baru.

“Boleh memungut asal sukarela, Artinya tidak dipaksa bagi orang tua murid yang mampu,” kata Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (5/7/18).

Lanjutnnya, sekokah boleh terima sumbangan biaya sukarela dengan catatan tidak memamaksa, mengikat dan tidak ditentukan jumlah dan jadwal waktunya.

“Tapi harus transparan, terbuka dan jelas pertanggung kawabannya. Jangan pernah ada pungutan. Semuanya gratis,” kata Ruatan.

Rustan mengakui kalau setiap sekolah membutuhkan biaya tambahan untuk keperluan operasional dan sebagainya.

“Saya minta yang ideal, yang sesuai, yang pasti, yang boleh dan pantas untuk setiap ruang kelas dan jumlah guru tetap dan honor,” kata Rustan.

Hal itu dikhawatirkan bila terlalu banyak guru honor pasti banyak pengeluaran, yang menyebankan sekolah memungut biaya tambahan.

“Guru honor berlebihan juga membuat guru tetap malas datang ke sekolah. Sekarang ini kepala sekolah bebas ambil guru honor, harus di teliti ada kriteria, syarat teknis dan non teknis,” kata Rustan.