Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Tahun 2019 Semua PAUD di Kota Jayapura Ditargetkan Sudah Terakreditasi

 

JAYAPURA, – Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa, mengatakan di 2019 semua PAUD sudah harus terakreditasi.

“Karena untuk terakreditasi cukup berat, seperti harus penuhi Izin Operasinal, Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN), karena merupakan lembaga pengajaran, dan harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan NPSN,” kata Cliford di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (26/1/18).

Dari 160 PAUD di Kota Jayapura, yang sudah terakdetitasi baru 100 PAUD, sementara 60 PAUD belum. Sehingga pada 2018, Pemerintah Kota Jayapura terus berusaha agar PAUD bisa mendapatkan akreditasi.

“Selama proses akreditasi, PAUD harus menyiapkan delapan standar pendidikan, karena merupakan syarat lembaga atas kriteria yang tetap ditetapkan,” kata Cliford.

Adapun delapan standar pendidikan PAUD, kata Cliford, yaitu Standar Penilaian Pendidikan, Standar Isi, Standar Pembiayaan, Standar Proses, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, dan Standar Sarana dan Prasarana.

“Kami selalu berupaya meningkatkan mutu PAUD, melalui program dan lembaganya secara bertahap, terencana, dan kompetitif karena PAUD merupakan jenjanf pendidikan dasar untuk menuju pendidikan yang lebih tinggi,” kata Cliford.