Pasific Pos.com
Papua Tengah

Tahapan Tak Sesuai Jadwal Akan Rugikan Paslon

NABIRE – Menase Nawipa, Ketua tim sukses pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 pada Pilkada Paniai, menilai ada tahapan Pilkada yang tidak berjalan sesuai jadwal, alias terlewatkan.

Lewatnya sejumlah tahapan yang dilakukan oleh KPU Paniai ini, menurut dia, tidak sejalan dengan aturan nasional yang telah ditetapkan oleh KPU Pusat. Lewatnya sejumlah tahapan ini disinyalir Menase akibat adanya sengketa antara sejumlah kandidat yang saat ini sedang melakukan proses hukum di Jayapura.

“Seharusnya, walaupun ada proses hukum dari sejumlah kandidat, KPU Paniai harus melaksanakan tahapan Pilkada sesuai jadwal supaya Pilkada Paniai bisa berjalan terarah,” tutur Menase Nawipa saat bertandang ke redaksi, Selasa (27/2) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Menase Nawipa, dalam menjalankan tugasnya, KPU Paniai harus membagi tugas pada masing-masing anggotanya. Seperti persoalan hukum yang sedang dihadapi misalnya, lanjut Menase, bias ditangani oleh anggota KPU yang membidangi hukum dengan didampingi kuasa hukumnya.

Sedangkan anggota komisioner lainnya tetap menjalankan tahapan KPU supaya Pilkada 2018 bisa berjalan dengan baik di Paniai.Dituturkan Menase, pihaknya dari Paslon nomor urut 3 merasa dirugikan dengan proses hukum yang berimbas tahapan yang berjalan tidak sesuai jadwal.

Tahapan Pilkada Paniai harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan didasarkan pada aturan yang ada. “Pilkada saat ini tidak sama dengan Pilkada sebelumnya. Kami mohon sesuai tahapan serentak di 7 kabupaten dan 1 provinsi di Papua harus serentak pada tanggal yang sama,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan KPU Paniai dapat melaksanakan tahapan demi tahapan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Untuk menjalani proses hokum atas dugatan sejumlah kandidat, lanjut Menase, tidak perlu semua anggota KPU Paniai terlibat yang akhirnya akan berimbas tidak berjalannya sesuai rencana sejumlah tahapan Pilkada Paniai. “Sesuai tugas sebagai lemabaga komisioner dalam kondisi bagaimana pun harus melaksanakan semaksimal mungkin.

Kami merasa dirugikan sejumlah tahapan yang masih belum berjalan seperti misalnya tahapan deklarasi bersama, tahapan pengumpulan dan pelaporan atribut team dan kampanye,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi pada salah satu anggota KPU Paniai, Markus You menuturkan, sejauh ini tahapan berjalan sesuai jadwal. Dirinya yang saat ini sedang tugas di Jayapura terkait dengan proses hukum gugatan dari kandidat, akan segera kembali ke Paniai.

Setibanya di Paniai, dirinya beserta komisioner lainnya melaksanakan tahapan lain sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.“Saat ini saya masih di Jayapura untuk mengikuti proses hukum atas gugatan kandidat.

“Tadi malam kami sudah koordinasi dengan KPU Papua untuk selanjutnya akan kembali ke Paniai untuk melanjutkan tahapan yang sudah masuk dalam jadwal untuk dilaksanakan,” ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (27/2).

Ditegaskan kembali oleh Markus, hasil koordinasi dengan KPU Papua disampaikan kepada pihaknya untuk segera kembali ke Paniai. Dan dalam minggu ini, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan melibatkan tim kampanye, partai pendukung serta pasangan calon.

Pertemuan yang akan digelar ini untuk membicarakan terkait waktu pelaksanaan, tempat kegiatan dan jadwal giliran kampanye. “Sekali lagi kami sampaikan bahwa proses hukum yang sedang dijalani oleh KPU tidak mengganggu jadwal tahapan Pilkada Paniai,” ujarnya. (ros)