Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sumarna:”Unmus Satu-Satunya Perguruan Tinggi Di Indonesia Timur Yang Punya LSP”

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Sumarna F.Abdurahman mengemukakan bahwa sejak BNSP dilahirkan pada tahun 2005 hingga sekarang telah menghasilkan 1.300 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan 150 di antaranya adalah LSP yang dikembangkan di perguruan tinggi termasuk Politeknik dan Universitas. Dari sekian banyak LSP yang didirikan oleh perguruan tinggi memang masih dominan berada di Indonesia Bagian Barat dan Tengah. Hanya ada beberapa saja yang berada di bagian timur namun khusus untuk universitas ia menekankan bahwa Unmus adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia Bagian Timur yang sudah memiliki LSP.

Jadi untuk di bagian timur LSP Unmus adalah yang pertama didirikan. Ia menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya dunia usaha di Indonesia memang pernah merasa sedikit pesimis terkait dengan kemampuan daya saing kita di dunia internasional mengingat potensi dan kualitas SDM yang ada saat itu masih sangat rendah. Setiap kali proses seleksi dilakukan banyak pelamar yang datang dengan bermodal ijazah dan bentuk sertifikat lainnya namun saat mengikuti tes ternyata sangat sedikit yang bisa lolos.

“Kualifikasi lulusan dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh dunia usaha inilah yang mendorong KADIN Indonesia pada tahun 2000 mengajak Kemendiknas, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Tenaga Kerja untuk memikirkan satu konsep baru dalam menyelamatkan SDM di Indonesia,”ujarnya ketika menyerahkan ijin pendirian LSP Unmus di Gedung PKM Senin lalu. Menyinggung tentang keberadaan Unmus, ia mengaku sangat terkesan dengan Unmus. Adapun yang menjadi indikator pertama adalah karena rektornya yang sangat pro aktif sejak pertemuan pertama dilakukan 6 bulan yang lalu hingga di Jakarta.

Saat di Surabaya bertepatan dengan pertemuan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang baru saja mendapatkan status sebagai PTN. Di antara rektor-rektor yang hadir ia mengakui bahwa ada seorang rektor yang dinilai sangat ramah dan selalu tersenyum. Rektor Unmus sangat supel dan dinilai sebagai komunikator yang baik serta memberi kesan positif. Oleh sebab itu ketika dirinya diundang untuk hadir di Unmus guna menyerahkan ijin pendirian LSP maka ia menyanggupi dengan tetap melakukan penyesuaian-penyesuaian dari jadwal yang ada tentunya.