Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sulaeman Hamzah Bangga Dengan Perkembangan Petani Asli Papua

Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L.Hamzah berfoto bersama petani OAP usai pertemuan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L.Hamzah mengungkapkan rasa bangganya karena di Kabupaten Merauke petani asli Papua telah mengalami perkembangan yang cukup pesat bahkan sudah berbaur dengan petani dari wilayah nusantara lainnya. Ketrampilan yang dimiliki oleh petani non Papua sekarang sudah menurun kepada petani Papua sehingga hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. “Adaptasi masyarakat asli untuk di sektor pertanian telah menunjukkan bukti nyata dan ini saya baru lihat di Kabupaten Merauke.

Oleh sebab itu dari lubuk hati yang paling dalam saya mengatakan bahwa saya bangga dengan petani asli Papua yang ada di sini,”jelas Sulaeman saat melakukan pertemuan dengan petani asli Papua di gudang penggilingan Gapoktan Yagip Wagai kemarin terkait reses masa persidangan 1 tahun sidang 2020-2021. Ia mengakui bagi mereka yang sudah biasa bertani maka produksinya akan lebih tinggi sehingga agar ada keseimbangan maka perlu diperhatikan kembali hal-hal penting yang menjadi pendukung, antara lain terkait pengolahan lahan apakah sudah maksimal atau belum hingga soal dukungan alat. Oleh sebab itu Sulaeman meminta agar petani yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk memberikan data kelompoknya, baik kepada dirinya secara langsung atau melalui Rumah Aspirasi yang dikelolanya. Jadi pihaknya dapat melakukan pendataan mulai dari sekarang agar dapat diusulkan untuk mendapatkan bantuan peralatan pada gelombang berikutnya.

Sementara itu Anggota DPRP, Fauzun Nihayah menambahkan bahwa masih banyak saudara-saudara petani asli Papua di Kabupaten Merauke yang membutuhkan perhatian khususnya bantuan alat yang harus dimaksimalkan lagi. Oleh sebab itu komunikasi menjadi penting sehingga jika ada pihak yang menyampaikan kendala ini maka dirinya yang juga sebagai Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi tentu akan berupaya untuk membantu. Tentunya ke depan akan diupayakan untuk diusulkan pada saat pendistribusian peralatan kembali. “Sebab pengolahan lahan petani setempat penting dilakukan karena akan menjadi sumber kehidupan petani. Nah, mengolah lahan tentu membutuhkan yang namanya mekanisasi. Kita patut bersyukur karena memiliki wakil rakyat seperti H.Sulaeman Hamzah yang sangat memperhatikan hal ini, terlebih beliau memang membidangi tentang pertanian,”pungkas Fauzun.

Artikel Terkait

Jagung Kering Keerom Segera Dikirim ke Blitar

Bams

Waket I DPR Papua Hadiri Pesta Panen Raya di Kebun Covid-19 Sentani

Tiara

Kolaborasi Dengan Pihak Kementerian, Staf Khusus Presiden Ini Ikut Menciptakan Petani Milenial

Arafura News

Petani Asli Papua Masih Mengalami Kendala Peralatan

Arafura News

BWS Papua Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air Bagi Para Petani

Bams

Bupati Mathius Sebut Berkebun Hendaknya Jadi Solusi di Masa Covid-19

Jems

Pemerintah Diminta Bagikan Bibit Pangan Lokal ke Masyarakat

Tiara

Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Dianjurkan Beli Beras dari Petani Merauke

Tiara

Wagub : Manfaatkan Produk Lokal Selama Pandemi Corona

Bams