Pasific Pos.com
Olahraga

Sukseskan Peparnas XVI, Panitia Gelar Rapat Perdana

Sukseskan Peparnas XVI, Panitia Gelar Rapat Perdana

JAYAPURA – Persiapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 terus dikebut. Rapat perdana Selasa (26/02/2020) di Jayapura, membahas beberapa agenda kerja kedepan dalam rangka mensukseskan olahraga disabilitas tersebut.

Sekretaris Panitia Besar Peparnas Papua, Rivo Manangsang mengaku rapat tersebut untuk pemantapan organisasi yang sudah di bentuk, penyusunan anggaran untuk sukseskan penyelenggaraan, sekaligus pelaksanaannya.

“PB Peparnas kan baru dibentuk dan dilantik bulan Januari lalu, sehingga kita rapat ini untuk membahas beberapa agenda kerja kedepan,” kata Rivo Manangsang.

Disinggung terkait pelaksanaan Peparnas 2020 Papua, pihaknya mengungkapkan Ketua Harian PB Peparnas Doren Wakerkwa akan bertemu Gubernur Papua membahas waktu pelaksanaan Peparnas XVI Papua.

“Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan kepada ketua harian dan gubernur Papua, namun yang jelas Peparnas tetap di Papua, seminggu setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX,” ujarnya.

Rivo mengaku, pengurus Nasional Paralympic Commite (NPC) juga sudah meminta PB Peparnas untuk hadir pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NPC di Solo, Jawa Tengah, disitu akan kita sampaikan kesiapan Papua sebagai tuan rumah Peparnas 2020.

Jadi, dirapat Nasional Paralympic Commite (NPC) yang akan dihadiri 34 Provinsi, kita akan sampaikan kesiapan jadi tuan rumah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua NPC Papua Jaya Kusuma sangat mengapresiasi rapat perdana ini yang tentunya sangat penting bagi kesuksesan Papua sebagai tuan rumah Peparnas. Apalagi event ini kebanggaan seluruh masyarakat Papua.

“Rapat ini penting sekali untuk bagaimana kita satu persepsi dan koordinasi antar pengurus dan PB Peparnas, kita harus sesukses dengan PON,”

Ditambahkan bahwa sebagai tuan rumah Peparnas, kata Jaya yang juga Kadistrik Jayapura Selatan ini semua pihak di Papua bukan hanya fokus kepada PON, tapi Peparnas juga penting, apalagi atlet yang akan diturunkan merupakan yang terbaik untuk harumkan Papua dk kancah Nasional.

“Kita juga (Peparnas) harus sukses seperti PON, karena dua event ini Nasional dan sepaket. Apalagi Menpora sudah hadir mengunjungi Papua melihat kesiapan kita, dan memastikan dua event Nasional ini, Papua siap sukseskan itu baik ekonomi masyarakat, prestasi, dan penyelenggaraan kepada seluruh peserta di tiap daerah. Kita harus tunjukan itu semua kepada mereka,” pungkasnya.