Pasific Pos.com
Papua Barat

Subiyanto Akui Miras Beredar di Maruni

Manokwari, TP – Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi melalui Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto mengimbau warga Manokwari tidak menjual minuman keras (miras), baik lokal maupun berlabel.

Dikatakan Subiyanto, miras sangat berdampak terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibamas).

“Kalau mabuk bisa melukai orang lain, pukul istri, bahkan yang paling sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Jadi, saya minta harus tunduk pada Perda Miras,” kata Subiyanto kepada para wartawan di Polres Manokwari, Senin (22/1/18).

Lanjut dia, bukan hanya masyarakat, tetapi pengusaha tempat hiburan malam (THM) juga harus tunduk pada Perda Miras dengan cara tidak memasok miras masuk ke Manokwari.

Khusus untuk Lokalisasi 55 Maruni, Subiyanto mengaku terus memberikan imbauan bagi mereka yang memiliki tempat karaoke di Maruni agar tidak menjual miras dan tunduk pada Perda Miras.

Meski begitu, ia tidak membantah jika miras tetap ada di Maruni, tetapi penindakan menjadi tupoksi Satnarkoba Polres Manokwari.

Dicecar apakah anggota Bhabinkamtibmas tidak melakukan pengawasan terhadap peredaran miras di Maruni, Subiyanto menepisnya. “Setiap pukul 00.00 WIT, mereka selalu kontrol ke sana,” klaim Kasat Binmas.

Mengenai pengawasan terhadap Bhabinkamtibmas, ia mengaku selama ini mereka selalu dikumpulkan dan diberikan pembekalan. Namun, Subiyanto mengatakan, karena anggota Bhabinkamtibmas merangkap tugas, sehingga tugas itu memang belum maksimal. [BOM-R1]