Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sub Penyalur BBM Satu Harga Untuk Bantu Masyarakat

MERAUKE,ARAFURA,-Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Sunarjo, S.Sos  mengemukakan bahwa tujuan pembentukan sub penyalur BBM satu harga agar dapat membantu masyarakat yang selama ini kesulitan memperoleh BBM dari SPBU umum sehingga dapat memperoleh BBM dengan harga yang terjangkau. Sebab harga yang berlaku sangat berbeda, antara penyalur dengan sub penyalur, begitu pula untuk kuota. Namun pemerintah tetap melakukan pengawasan agar harga eceran tertinggi tidak sampai melampaui ketentuan yang ada.  

BBM satu harga sesuai kebijakan nasional yang diperuntukkan untuk masyarakat di wilayah operasional  penyalur dan sub penyalur. Sub penyalur ini adalah usulan bottom up dari masyarakat melalui kepala kampung yang disinergikan dengan pihak kabupaten dalam hal ini Disperindagkop. Adapun yang diresmikan adalah progress 2017 dimana yang diusulkan pertama kali sebagai pilot project  ada empat sub penyalur yaitu Kampung Harapan Makmur, Wonorejo, Anumbop dan Sumber Mulia.

Namun  untuk Wonorejo sementara ini dipending sehingga hanya tiga saja yang diresmikan. “Memang benar itu berdasarkan data yang diminta oleh kita selaku pengawas, kemudian dari kampung dengan menunjuk sub penyalur terkait data yang berkaitan dengan peralatan antara lain peralatan pertanian yang menggunakan BBM tiga jenis. Kalau minyak tanah untuk konsumsi rumah tangga sedangkan bensin dan solar untuk kendaraan. Yang didistribusikan adalah jenis bio solar atau jenis subsidi untuk masyarakat yang didata,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan, struktur yang ada sudah jelas dimana dari Pertamina menunjuk penyalur dan penyalur selanjutnya mendistribusikan BBM tiga jenis tersebut kepada sub penyalur dengan kuota berdasarkan usulan yang ada dan kebutuhannya berdasarkan kebutuhan alat dan rumah tangga.