Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pokok Jelang PON 2020

 

JAYAPURA, – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jayapura sudah mempersiapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan pokok jelang pelaksaan pekan olahraga nasional (PON) XX 2020 di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

“Jadi kesiapan produksi beras lokal saya pikir cukup, tinggal strateginya saja yang perlu disiapkan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (28/2/18).

Jean menjelaskan, bila panen padi pada Mey 2020, maka ditaksir penggilingan beras dilakuakan pada Juni karena menggunakan mekanisasi combine harvester, dengan luas 550 hektar bisa menghasilkan beras 1100 ton tersdia pada bulan Juni.

Selain beras, daging, buah-buahan dan holtikultura lainnya menjadi perhatian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jayapura, karena untuk kebutuhan atlet dan masyarakat Kota Jayapura.

“Strategi yang kami lakukan dengan pengembangan lahan di daerah penghasil pertanian, tanaman holtikultura seperti di wilayah Distrik Muara Tami. Kami juga melakukan kerja sama dengan Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura,” kata Jean.

“Pupuk sudah tidak jadi persoalan. Saya pikir 2020 kebutuhan konsumsi bisa terpenuhi. Walaupun dipastikan permintaan meningkat,” kata Jean menambahkan.