Pasific Pos.com
Kriminal

Spesialis Curanmor, Remaja 20 Tahun Ditangkap Polisi

“Dalam kurun waktu satu tahun pelaku gasak 70 motor”

 

Jayapura,- anggota Tim Khusus Polres Jayapura Kota, berhasil menangkap spesialis pencurian kendaraan bermotor berinisial OK alis Bolang beberapa waktu lalu.

Dari tangan pelaku OK alias bolang (20) polisi berhasil mengamankan barang bukti 24 unit motor yang telah dijual kepada para penadah. Sementara dari pengakuan pelaku telah melakukan aksi pencurian motor lebih 70 unit motor dalam setahun di wilayah Jayapura Kota hingga Kabupaten Jayapura.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas, mengungkapkan kasus pencurian kendaraan tersebut masih dikembangkan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Kota, dimana baru 24 unit yang diamankan sementara sisanya akan dikembangkan.

“70 unit motor itu digasak pelaku mulai dari distrik Jayapura Utara hingga Sentani, Kabupaten Jayapura, dimana dalam aksinya pelaku bekerja sendiri tanpa ada bantuan pelaku lainnya,” jelasnya saat menggelar rilis di lapangan apel Polres Jayapura Kota, Sabtu (17/2) siang.

Kata Gustav dari pengakuannya, motor hasil curiannya dijual seharga Rp.1,5 juta perunitnya, dan hasil dari uang tersebut dipakai untuk bersenang-senang.

“Motor hasil curian di jual di seputaran Jayapura hingga ke Muara Tami dan uangnya dipakai untuk membeli minuman keras, tidak hanya itu dari 70 motor sedikitnya ada 10 motor yang ditukarkan ke perbatasan dengan ganja kering,” tuturnya.

Dirinya pun menambahkan modus yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya yakni mengunakan kunci T serta menyambungkan kabel dari motor yang telah dicurinya.

Sementara itu lanjut Gustav, selama dirinya bertugas di Polres Jayapura Kota pihaknya telah mengungkap sedikitnya 27 kasus pencurian kendaraan bermotor dimana ada ada 12 pelaku yang berhasil ditangkap.

“Total pelaku curanmor ada 12 orang termasuk OK sementara 2 orang lainnya merupakan penadah hasil curanmor. Barang bukti yang kami amankan dari tangan pera pelaku berjumlah 44 unit motor, 22 dari pelaku OK sementara 22 unit motor lainnya dari 11 pelaku yang berhasil ditangkap Polsek jajaran,” tuturnya.

Mantan Kapolres Jayapura inipun menambahkan, atas perbuatannya para pelaku curanmor dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, sedangkan penadah motor hasil curian dijerat dengan pasal 80 KUHP dengan ancaman 4 tahun 8 bulan.