Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sosialisasikan Perbup Tentang Protokol Kesehatan

Sosialisasikan Perbup
Para instansi terkait dan media saat mengikuti pertemuan (foto:iis)
‘Kabag Hukum Bertemu Media Dan Instansi Terkait’

MERAUKE,ARAFURA,-Terkait dengan sosialisasi penerapan Perbup Nomor 82 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan pencegahan Covid 19 di Kabupaten Merauke maka Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke, Victor Kaisiepo Rabu lalu bertempat di auditorium Kantor Bupati menggelar pertemuan dengan sejumlah intansi terkait antara lain Dinas Kesehatan, Satpol PP, SKPD, kepala bagian, kelurahan serta sejumlah media massa baik cetak maupun elektronik. Victor mengemukakan, Perbup tersebut ditetapkan pada 18 Agustus lalu dan baru resmi diundangkan pada 19 Agustus 2020 karena beberapa hal, antara lain sejumlah libur nasional dan beberapa agenda kerja yang harus diselesaikan.

Perbup ini mulai disosialisasikan pertama kali melalui LPP RRI Sabtu lalu dimana Perbup ini juga merupakan amanah dari Instruksi Presiden dan instruksi Mendagri. “Sejak Covid 19 ditetapkan sebagai KLB di Merauke Maret 2020 maka himbauan-himbauan terus kita gencarkan guna mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,”ujarnya. Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Nevil Muskita menyampaikan bahwa terkait dengan manajemen kesehatan yang tertera pada bab IV pasal 13 dan seterusnya memang sudah diterapkan selama ini. Dalam hal ini kepada pelaku perjalanan yang harus melakukan rapid test, baik yang akan berangkat maupun yang masuk ke Merauke.

Beberapa kasus yang ditemukan bermula dari pelaku perjalanan yang tiba di Merauke dan pihaknya sudah melakukan follow up dengan pemeriksaan setelah 10 hari. Ternyata hasilnya reaktif dan hasil swabnya juga positif. Pihaknya juga gencar mengedukasi masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dan pihaknya berharap agar media juga dapat mensosialisasikan Perbup Nomor 82 ini sehingga masyarakat lebih taat untuk menjalankannya. Dinas Kesehatan juga turun ke masyarakat untuk membagikan masker ke sejumlah titik yang sudah dibidik, khususnya kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker sekaligus memberikan edukasi.

Artikel Terkait

Animo Pengurusan Meningkat Tajam

Arafura News

Karantina Tuntaskan Pembentukan BPP Model Kostratani

Arafura News

Bupati Minta Pemuda Jadi Garda Terdepan Kawal Demokrasi

Arafura News

Yulianus : Pemberian Sembako Wujud Kepedulian

Arafura News

Disiplinkan Karantina Mandiri, Data Pelaku Perjalanan Akan Dishare

Arafura News

Tandatangani Deklarasi, ASN Diminta Komit Jaga Netralitas

Arafura News

Tetap Konsen Di Masa Pandemi, ‘Pojok Hukum Jadi Solusi Penyampaian Informasi Ke Masyarakat’

Arafura News

Nekad Buka Lewat Batas Waktu, ‘Pelaku Usaha Yang Bandel Diberi Peringatan’

Arafura News

Di Masa Pandemi, Disnaker Terima Enam Aduan Pekerja

Arafura News