Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sosialisasikan IEPK, BPKP Bidik Pemda Merauke

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi mengemukakan bahwa pihaknya mengadakan sosialisasi Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) di lingkungan Pemkab Kabupaten Merauke sebagai instrument untuk mengukur sejuh mana Pemda Merauke telah melakukan upaya-upaya pengendalian korupsi. Adapun alasan memilih Merauke karena Merauke sudah meraih predikat level 3 Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP). “Jadi ibaratnya kita next level untuk lebih fokus dalam fraud prevention.

Namun karena sifatnya sosialisasi maka masih tahap pengenalan dan instrument dengan harapan tahun depan sudah dapat dilakukan pengukuran,”jelasnya usai sosialisasi di Kantor Bupati. Ia menegaskan, upaya yang dilakukan bukan semata-mata untuk kepentingan BPKP namun alat tersebut akan digunakan oleh Pemda yang bersangkutan untuk mengukur sejauh mana upaya-upaya yang telah dilakukan dan jika masih terdapat kekurangan maka dapat segera diketahui.

Dijelaskan, semua itu selaras dengan upaya KPK, BPK dan komponen masyarakat untuk melakukan pencegahan korupsi dan nantinya akan lebih sistematis bagi Pemda Merauke sendiri dalam 3 pilar, yakni pilar kapasitas organisasi, strategi dan sistem penanganan korupsi. “Secara umum kita kan, tahu bagaimana kondisi tata kelola di Kabupaten Merauke yang sudah 7 kali meraih Opini WTP. Hal ini menjadi satu indicator bahwa tata kelola yang ada sudah berjalan dengan cukup baik dan kami akan terus mendampingi Pemda Merauke agar dapat meraih predikat yang lebih baik lagi terutama terkait kinerja. Baik dalam pelayanan publik maupun kinerja makro. Ya, sejauh ini kami lihat sudah berjalan cukup baik,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Ketua DPRD Paparkan Pembentukan Tim Kurikulum Gotong Royong Kepada Stafsus Jokowi

Bams

Merauke Launching Petani Millenial

Bams

Sistem Kelistrikan PON XX di Merauke Siap 100 Persen

Bams

Sejumlah Pejabat Publik Bertemu, Bahas Optimalisasi Pelayanan

Arafura News

Penyuluhan Terpadu Fokus Di Lima Distrik

Arafura News

Alfons : Fokus Perhatikan Kesejahteraan Petani

Arafura News

Frederikus : Kekurangan Yang Ada Jadi Bahan Evaluasi Diri

Arafura News

Bupati Freddy Minta Tetap Tingkatkan Kerja Sama

Arafura News

Aksi Pencegahan Stunting

Arafura News