Pasific Pos.com
Papua Selatan

SMAN 3 Merauke Tetap Gelar Simulasi UNBK

MERAUKE, ARAFURA,- Pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Merauke dapat berjalan dengan baik. Walaupun saat ini, akses internet di Kabupaten Merauke sedang mengalami gangguan.

“Syukur kita di sini dapat menyelenggarakan simulasi dengan lancar, karena kita memiliki fasilitas yang cukup untuk akses internet yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika,” ujar Wakasek Kurikulum SMA Negeri 3 Merauke, Agus Mulyono kepada ARAFURA News di SMA Negeri 3 Merauke, belum lama ini.

Ia menjelaskan, SMA Negeri 3 Merauke juga menjadi tempat dimana dilakukan simulasi UNBK bagi dua sekolah yakni SMK Negeri 2 Merauke dan SMP Satap Wasur. Ia berharap, jaringan internet sudah bisa pulih kembali saat dilakukan UNBK pada Bulan April 2018 mendatang. Pasalnya, untuk menyelenggarakan UNBK sekolah perlu mengakses internet.

“Kondisi saat ini juga bukan disengaja tetapi karena beberapa faktor, sehingga mengalami jaringan internet mengalami gangguan. Tetapi kita tetap bersyukur karena simulasi dapat berjalan dengan lancar dan baik,” kata Agus.

Sementara itu, Proktor Utama UNBK SMK Negeri 3 Merauke, Dere Jalu Putro Nuswantoro, S.ST mengatakan dengan adanya gangguan jaringan internet, pihaknya mengalami kendala saat melakukan simulasi UNBK. Jadi kalau biasanya ada peserta yang terlambat dengan mudah mendapatkan token. Tetapi dengan kondisi saat ini, hanya bisa menggunakan dua token dengan waktu yang terbatas. “Token sebagai kata kunci untuk masuk ujian,”terangnya.

Ditambahkan, kalau ada siswa yang terlambat atau mengalami gangguan jaringan maka akan masuk pada sesi berikutnya, karena token yang didapat tidak sebanyak saat ujian dilakukan secara online. “Kami tetap bersyukur, simulasi UNBK dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kita harapkan saat UNBK jaringan internet dapat digunakan sehingga tidak terjadi masalah seperti ini lagi,”tandasnya.