Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Sistem CMS Bantu BPKAD dalam Pengelolaan Keuangan

SENTANI – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura, Subhan, S.E., menegaskan, sistem Cash Management System (CMS) ini sangat membantu pihaknya dalam hal pengelolaan keuangan dan juga dapat mengurangi potensi tatap muka antara Bendahara Umum Daerah (BUD) dengan pihak ketiga.

“Sistem CMS ini adalah salah satu aplikasi yang memang diandalkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena mengurangi potensi tatap muka antara pihak ketiga dengan BUD. Jadi, sistem ini salah satu untuk meminimalisir tindakan-tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” kata Subhan ketika ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (1/8/18) sore.

Subhan mengungkapkan, di masa lalu dari perbendaharaan harus antre di bank dan bawa SP2D ke bank. Kondisi ini membahayakan karena memberikan peluang terjadi tindakan negatif. Karena itu, dengan kehadiran aplikasi CMS atau sistem pelayanan pencairan dana dari OPD maupun dari pihak ketiga, pengelolaan keuangan dan juga pencairan dari OPD atau pihak ketiga dapat dilakukan jauh lebih mudah dan aman.

“Sekarang ini hanya dengan satu menit saja sudah bisa. Dengan adanya aplikasi CMS sekarang ini, sudah bisa mempermudah pelayanan pencairan dana-dana OPD maupun dari pihak ketiga. Kalau dulu kan kerjanya lama dan memakan waktu satu hari, perbendaharaan harus antre di bank, lalu harus bawa SP2D ke bank. Sekarang sudah tidak seperti itu lagi, dan sudah bisa dilakukan lebih mudah, cepat dan real time dengan pencairan berbasis CMS,” ujarnya.
Manfaat lainnya dari penggunaan CMS ini adalah dapat mencegah tatap muka antara BUD dengan pihak ketiga.

“Jadi, sistemnya kan sudah online dan dari OPD sudah input serta nomor SPM nya sudah langsung online (kelihatan) di CMS. Itu langsung sudah masuk uang nya ke rekeningnya, yang penting tertuju kepada siapa pihak ketiga atau CV nya, asalkan mencantumkan nomor rekeningnya. Nanti tidak perlu lagi bawa SP2D ke bank, maka otomatis sudah langsung masuk ke rekening dan belakangan baru tinggal paraf saja,” terangnya.

“Apalagi kalau antre lama di bank, sudah tiba hari libur itu kan butuh waktu yang lama. Aplikas CMS ini sudah tidak membutuhkan kertas karena langsung online, dan sistem ini sangat membantu kita di BPKAD dalam hal pengelolaan keuangan,” tukas Subhan.