Pasific Pos.com
Papua Barat

Sikapi Insiden Kebakaran, Pemprov Papua Barat Bentuk Tim Kajian Terpadu

Manokwari, TP – Untuk menyikapi berbagai insiden kebakaran yang terjadi belakangan ini, baik di Manokwari, Sorong dan beberapa daerah lainya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat akan segera membentuk Tim kajian terpadu.

Asisten II Setda Provinsi Papua Barat Bidang ekonomi pembangunan, Jakonias Sawaki mengatakan, rencana pembentukan Tim kajian terpadu sesuai petunjuk Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Dimana, diungkapkan Sawaki, Tim kajian terpadu nantinya akan bekerja untuk melakukan penanganan semetara terhadap para pedagang yang terkena dampak dari insiden kebakaran di berbagai tempat.

“Salah satu yang harus dilakukan adalah membangun los-los darurat supaya para pelaku usaha bisa kembali melakukan aktivitas mereka dengan menempati los darurat yang disediakan,” ucap Sawaki kepada Tabura Pos di Kantor Gubernur Papua  Barat, Jumat (23/6).

Menurut dia, Pemprov Papua Barat akan tetap membeck-up kerja Tim kajian terpadu dan terus berkoordinasi sehingga nantinya apa yang dibutuhkan bisa disiasati langsung oleh dinas terkait.

Semetara, ditambahkan Sawaki, untuk proses rehabilitasi dan rekolasi beberapa Pasar yang terbakar baik di Manokwari dan Sorong, akan dilakukan sesuai dengan regulasi yang selama ini berlaku melalui Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD).

“Supaya jangan tumpang tindih tugasnya, terlebih dulu mereka akan melakukan koordinasi dengan kabupaten-kota dan mereka yang menjadi korban kebakaran,” tandas dia. [BOM]