Pasific Pos.com
Info Papua Lintas Daerah

Sikapi Berbagai Peristiwa di Wamena, Naligi Kurisi Minta Semua Pihak Ikut Menjaga Situasi Tetap Kondusif

Kepala Suku Lembah Baliem Wamena, Naligi Kurisi.

JAYAPURA – Semua pihak yang berada di wilayah Kabupaten Jayawijaya diminta untuk ikut menjaga situasi agar tetap kondusif. Permintaan itu disampaikan Naligi Kurisi selaku Kepala Suku Lembah Baliem, Wamena, Kabupaten Jayawijaya menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

” Saya sebagai Kepala Suku meminta semua pihak, mari kita  jaga bersama-sama Wamena ini agar tetap aman dan kondusif,” pinta Naligi Kurisi dalam rilisnya yang dikirim kepada harian ini, Jumat (24/6/2022) siang.

Permintaan tersebut, kata Naligi Kurisi, ia sampaikan dikarenakan banyak peristiwa yang terjadi di Wamena. Mulai dari demo penolakan DOB, sampai kasus pembunuhan Brimob Diego Rumaropen.

Menurut pandangannya terkait pemekaran atau DOB, pemerintah telah menyetujui adanya pemekaran Provinsi Papua menjadi empat Provinsi,  dengan tambahan 3 Provinsi baru, sehingga hendaknya didukung agar pelaksanaannya bisa sesuai harapan bersama.

” Saya pikir bapak Gubernur juga sudah menyepakati adanya pemekaran,  sehingga pro kontra tentang penolakan DOB hendaknnya dihilangkan. Mari menyamakan persepsi untuk pembangunan Papua kedepan,” ajaknya.

Sementara, untuk kasus pembunuhan Bripda Diego Rumaropen, hendaknya ini menjadi pembelajaran untuk semua aparat keamanan.

“ Ini seharusnya jadi pembelajaran agar aparat kemanan tidak lengah dalam situasi apapun karena apabila lengah, nyawa bisa melayang dan hukuman tegas  yang diberikan Kapolda Papua terhadap Danki Brimob yang diduga melanggara SOP, hendaknya juga dijadikan pelajaran berharga,” imbaunya.

Dalam rilisnya tersebut, Naligi juga meminta agar para pelaku harus segera ditangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

” Hukuman tegas Kapolda atas kelalaian anak buahnya kami apresiasi, semoga  kedepan tidak ada lagi seperti ini. Dan keluarga almarhum semoga diberikan ketabahan dan sabar,” ucapnya.