Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Sektor Pertanian Sumber Utama Mata Pencaharian Penduduk di Papua

Mata Pencaharian Penduduk di Papua
Bagas Susilo saat memaparkan kondisi ketenagakerjaan di Papua.

Jayapura – Sektor pertanian masih menjadi sumber utama mata pencaharian penduduk Provinsi Papua. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, pada Februari 2020, penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian sebesar 65,09 persen dari jumlah total penduduk yang bekerja yaitu 1.764.409 orang.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Papua, Bagas Susilo mengungkapkan, kendati sektor pertanian masih belum tergeser, namun penyerapan tenaga kerja di sektor tersebut mengalami penurunan 2,42 persen dibandingkan Februari 2019.

Penurunan tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan sektor-sektor lainnya. sektor lain yang mengalami penurunan adalah industri pengolahan 0,26 persen, perdagangan besar dan eceran 0,32 persen, transportasi dan pergudangan 0,09 persen, informasi dan komunikasi 0,16, jasa keuangan dan asuransi 0,11 persen serta jasa kesehatan dan kesehatan sosial 0,42 persen.

Bagas menyebutkan, pada Februari lalu, informasi dan komunikasi menjadi sektor dengan penyerapan tenaga kerja paling kecil yaitu sebesar 0,02 persen dari jumlah seluruh penduduk yang bekerja.

Sektor yang mengalami kenaikan tertinggi dalam penyerapan pekerja Februari 2020, kata Bagas, adalah pengadaan listrik dan gas, pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang, dan konstruksi naik 1,39 persen dibanding Februari 2019.

“Sementara itu, sektor-sektor lain seperti pertambangan dan penggalian, pengadaan listrik dan gas, penyediaan akomodasi dan makan minum, jasa perusahaan, jasa pendidikan, dan jasa lainnya, masing-masing mengalami kenaikan penyerapan jumlah pekerja kurang dari satu persen,” kata Bagas.

Artikel Terkait

Trafik Bongkar Barang Menurun, Dimuat Meningkat Selama Semester Satu

Zulkifli

Arus Keluar Masuk Orang Melalui Dua Pelabuhan di Papua Turun Signifikan

Zulkifli

BPS : Terjadi Dinamika Demokrasi di Papua Selama 10 Tahun

Zulkifli

Perekonomian Papua Berdasarkan Besaran PDRB Rp48,03 Triliun

Zulkifli

BPS : Penduduk Miskin di Papua Bertambah Selama Enam Bulan

Zulkifli

Faktor Ini Pengaruhi Tingkat Ketimpangan Pengeluaran di Papua

Zulkifli

Impor Papua Terbesar dari Tiga Negara Ini

Zulkifli

Ekspor Papua ke Bulgaria 20,7 Juta Dolar

Zulkifli

SP Wawancara Dilaksanakan September Mendatang, Siapkan Dokumen Ini

Zulkifli