Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Sekolah Pungli, Kepsek Terancam Dicopot

JAYAPURA,- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Elias Wonda, mengancam mencopot jabatan kepala sekolah, jika ketahuan melakukan pungli dalam penerimaan siswa baru tahun 2018.

Selain itu, semua sekolah tidak boleh menolak siswa dalam penerimaan siswa baru. “Jadi semua sekolah harus menerima siswa yang ingin mendaftar disekolahnya. Kita tidak mau ada kabar siswa ditolek karena berbagai alasan dan sebagainya,”tegasnya.

Menurut Wonda, semua sekolah di Papua baik di Negeri, Swasta atau Yayasan wajib untuk menerima siswa di Papua yang ingin mendaftar disekolahnya. Jangan sampai mereka ditolak dan sebagainya.

Dilain pihak Wonda menekannya, apabila nanti ada ditemukan atau laporan orang tua siswa ada pungli disekolah-sekolah, maka pihaknya akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang ada.

“Pencopotan jabatan kepala sekolah bisa saja itu dilakukan, apabila memang terbukti secara nyata lakukan pungli. Tetapi yang jelas sanksi hukumnya tetap ada berdasarkan aturan yang ada,”tuturnya.

Ditambahkannya, Dinas Pendidikan juga sudah menyiapkan tim khusus untuk lakukan pemantauan disekolah-sekolah. “Kami telah lakukan kordinasi dengan dinas-dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota untuk proaktif lakukan pemantauan disekolah-sekolah. Kami berharap sekolah-sekolah di Papua tidak mempersulit bagi siswa yang mendaftar disekolahnya dan tentu kalua ada biaya dalam pendaftaran siswa baru ini harus ada kesepakatan bersama para orang tua dan komite sekolah,”tutupnya.