Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sekitar 200 Warga PNG Akan Hadir Di HUT RI

MERAUKE,ARAFURA,-Kadistrik Sota, Yuliastri Karim mengemukakan bahwa kepanitiaan dalam rangka peringatan HUT RI ke -74 mendatang sudah dibentuk dengan ketua diemban oleh Danramil Sota. Rapat untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan juga sudah dilakukan, antara lain lomba-lomba dan acara inti yakni upacara bendera. “Pada upacara detik-detik Proklamasi kami berencana mengundang saudara- saudara dari PNG, khususnya yang bermukim di kampung-kampung sekitar.

Adapun jumlah yang diundang sebanyak 50 KK namun mereka biasanya mengajak anggota keluarganya juga sehingga diperkirakan bisa mencapai 200 jiwa,”terangnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini. Lebih lanjut dikemukakan, memasuki H-1, para warga PNG tersebut akan diterima dan selanjutnya akan dipersiapkan segala kebutuhan mereka, baik akomodasi dan tempat tinggal selama berada di Sota.

Warga negara tersebut juga akan mengikuti aneka lomba yang dilaksanakan dan setelah seluruh kegiatan selesai maka H-1 atau H-2, mereka akan kembali ke negaranya. Kadistrik menjelaskan, pintu perbatasan selama ini tetap dibuka meskipun saat ini tengah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Jadi akses keluar masuk warga tetap berlangsung dan nantinya beberapa waktu sebelum pelaksanaan upacara barulah akan ditutup oleh petugas keamanan. Sekedar diketahui, warga PNG yang melalui perbatasan kurang lebih mencapai 20 orang setiap hari dan rata-rata untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.