Pasific Pos.com
Info Papua

Sekda : ASN Wajib Laporkan LHKPN

JAYAPURA,- Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). “Jangan takut untuk melaporkan, silakan ASN lapor LHKPN apa adanya. Sebab nanti ada pendampingan dari KPK melalui Dinas Kominfo dan Inspektorat untuk kita sama-sama mengisi LHKPN itu,”  ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen pada Sosialisasi Pengenalan E-LHKPN (berbasis elektronik) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan UU Nomor 25 Tahun 2009 oleh Ombudsman Perwakilan Papua, Selasa (20/2/18).

Sekda mengatakan, ada sebagian besar pejabat negara dan ASN yang lupa melaporkan harta kekayaannya. Namun tak sedikit dari mereka juga mengabaikan aturan perundang-undangan dipersyaratkan itu. Oleh karenanya, dia mengimbau agar para ASN maupun pejabat negara taat pada aturan yang berlaku.

“Makanya dengan sosialisasi E-LHKPN ini, saya harap para ASN lebih sadar menyampaikan laporan. Sebab saya pun sejak saya mengikuti fit and proper test untuk calon Sekda Papua, beberapa waktu lalu wajib melaporkan harta kekayaan sampai dengan saat ini. Intinya, keberadaan KPK dalam sosialisasi LHKPN ini untuk membantu supaya kita melaksanakan tugas sesuai ketentuan. KPK ini merupakan lembaga negara, jadi jangan takut melaporkan harta kekayaan,” tuturnya.

Sementara berkenaan dengan sosialisasi UU Nomor 25 Tahun 2009 oleh Ombudsman Perwakilan Papua, lanjut Sekda, keberadaan lembaga ini untuk
memantau pelayanan publik yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah.

Oleh karenanya, diharapkan OPD dapat terus meningkatkan pelayanan publik, sebab pemerintah diawasi oleh pihak-pihak yang diantaranya Ombudsman.

“Sebab selama ini kita tidak sadar bahwa ombudsman ini sedang menilai kita. Kita tidak tahu ada staf ombudsman datang berpura-pura menjadi masyarakat yang membawa proposal, padahal mereka sedang menilai seperti apa pelayanan kita di dalam OPD ”. “Untuk itu, saya imbau kita semua untuk peka dalam melakukan pelayanan serta meningkatkan layanan kita,” pungkasnya.