Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sejumlah Instansi Terkait Bersinergi

Peserta berfoto bersama narasumber usai kegiatan (foto:iis)
‘Monitoring Kapal Perikanan Di Kampung Kumbe’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, Kasat Polair Merauke, Kepala Stasiun KIPM Merauke, Pos Mat Angkatan Laut IX wilayah Kumbe, Kapolsek Kurik, beserta Kepala Kampung Kumbe Distrik Malind bersinergi dalam kegiatan monitoring dan evaluasi operasional kapal perikanan di Distrik Malind Kampung Kumbe belum lama ini, tepatnya di sebuah Balai Kampung yaitu Gedung Otif Anim Nanggo. Target operasi dalam kegiatan ini adalah para nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) dari luar Papua yang sedang berlindung di sungai Kumbe, Distrik Malind.

Banyaknya kapal-kapal dari luar Papua yang sandar dan berlindung di sungai Kumbe menjadi perhatian khusus, karena umumnya kapal-kapal tersebut memiliki Pelabuhan pangkalan adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, dan mereka lebih memilih untuk berlindung di sungai Kumbe. Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, Santo Mashita mengharapkan kepada para nahkoda bisa berlindung di Pelabuhan Perikanan Nusantara sesuai surat ijin yang dimiliki. Beliau juga meminta kepada para nahkoda dan ABK untuk memberi masukan demi kemajuan dan kenyamanan para nahkoda dan ABK sehingga dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman untuk berlindung di Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke.

Dalam kesempatan itu para nahkoda dan ABK juga menyampaikan berbagai masukannya kepada Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke agar kapal- kapal mereka lebih safety berlindung di pelabuhan serta menambah jumlah CCTV di area Pelabuhan. Mereka juga mengharapkan kepada seluruh pihak terkait untuk mempermudah birokrasi perijinan kapal. Sementara Kepala Stasiun KIPM Merauke, Nikmatul Rochmah juga turut memberikan arahan kepada para nahkoda dan ABK yang sering kembali pulang membawa komoditas perikanan berupa gelembung ikan atau produk ikan apapun melalui bandar udara agar melaporkan kepada petugas Karantina Ikan di bandara atau datang langsung ke Kantor Stasiun KIPM Merauke untuk mendapatkan sertifikasi produk perikanan sebagai Jaminan Kesehatan dan Mutu Produk Perikanan. Tidak hanya dari perangkat pemerintah, dari perangkat desapun dalam hal ini Kepala Kampung Kumbe, Muhammad Mulyono juga menyampaikan akan memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada para Nahkoda dan ABK yang saat ini berlindung di Sungai Kumbe.

Artikel Terkait

Perkuat Ketahanan Pangan, Polres, TNI Dan Warga Bangun Kolam Ikan

Arafura News

Program SILAT, Upaya Mempercepat Proses Perijinan

Arafura News

Machmud : Olahan Ikan Harus Bermutu

Arafura News

Dinas Kelautan Terus Berupaya Jamin Olahan Ikan Yang Sehat Dan Bermutu

Arafura News