Pasific Pos.com
Papua Tengah

Sejumlah Bibit, Obat Pupuk Disalurkan Bagi Petani 2 Kampung

MAKIMI – Bertempat di Balai Penyuluhan dan Pertanian Kampung Biha Distrik Makimi, Selasa (6/3), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nabire Daud Buiney, S.Sos secara simbolis menyerahkan bantuan bibit, pupuk dan obat organik bagi petani di dua kampung.

Selain dilakukan penyerahan bibit, pupuk dan obat organik juga dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para petani dari Kampung Maidey dan Kampung Lagari Jaya, penerima paket bantuan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus(Otsus) tahun 2017.

Dalam arahannya, Kadis Ketahanan Pangan Nabire mengatakan, paket bantuan yang diberikan ini kirannya dapat memotivasi para petani yang ada di dua kampung untuk lebih termotivasi dalam dunia pertanian maupun perkebunan.

Karena, menurutnya ini merupakan kegiatan pendampingan bagi desa atau kampung mandiri yang didasarkan pada pembentukan kelompok yang ada di dua kampung yang ada di wilayah Distrik Makimi sebagai bagian dari usaha dan dinamika kelompok.

Sehingga, apa yang dilakukan oleh dua kelompok dari dua kampung ini akan selalu diberikan pendampingan oleh petugas penyuluhan yang ada di kampung dengan harapan, kiranya apa yang dihasilkan petani akan memberikan kesejahteraan bagi anggota kelompok.

Adapun bantuan bibit yang diberikan, yakni 40 pohon atau bibit durian, bibit Jagung 58 Kg , obat intektisida 40 bungkus, obat herbisida 40, pupuk urea 100 Kg, pupuk TSP 100 Kg dan pupuk KCL sebanyak 100 Kg.

Penyerahan bantuan bibit, pupuk dan obat organik lainnya yang diserahkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan secara simbolis dan selanjutnya kepala dinas bersama staf langsung mengantarkan sejumlah bantuan itu ke dua kampung tersebut dengan didampingi para petani dan Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) yang ada di wilayah Distrik Makimi. (des)