Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Sebaiknya Perekrutan Pendamping Dandes Diberikan ke Pemerintah Kota/Kabupaten

 

JAYAPURA, – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kota Jayapura Daniel Mano, meminta agar perekrutan pendamping dana kampung di kabupaten/kota dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah setempat.

“Karena selama ini yang merekrut pendamping itu dari Pemerintah Papua, mulai seleksi hingga melakukan pendampingan. Silahkan merekrut pendamping tapi dari Pemerintah Kota Jayapura minta kalau bisa dari kota dan kabupaten yang melakukan perekrutan,” kata Daniel di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (26/1/18).

Kata Daniel, perekrutan dilakukan oleh Pemda setempat karena disesuaikan dengan kebutuhan desa dengan memanfaatkan anak asli masing-masing kampung.

“Kami bisa berdayakan anak asli di kampung untuk direkrut menjadi pendamping karena sebagian besar pendamping bukan dari Kota Jayapura karena dana desa didampingi mulai dari perencanaan sampai dengan mempertanggungjawabkan,” kata Daniel.

“Kalau bisa merekrut orang yang baru selesai sekolah seperti tamatan SMA, Mahasiswa yang baru selesai pendidikan untuk diangkat menjadi tenaga pendamping di kampung,” kata Daniel menambahkan.