Pasific Pos.com
Kriminal

Sawmil PT Rajawali Papua Foresta Ludes Dilahap Si Jago Merah

 

Sentani, – Sawmil milik PT Rajawali Papua Foresta yang terletak di kampung Beyom Jaya I distrik Nimbokrang ludes dilahap si jago merah.

Minggu (07/1/18) pagi, saat David Weyai bangun, dia mencium bau kabel terbakar. Kemudian David melihat ke arah gudang tempat generator dan melihat kobaran api sudah membesar sehingga saksi memanggil dan memberitahukan kepada Bernard bahwa telah terjadi kebakaran digudang tempat generator.

Mendengar informasi tersebut para karyawan yang berada di sekitar camp langsung mengambil tindakan untuk memadamkan api secara manual dengan menggunakan ember, namun pada saat itu kobaran api sudah sangat besar sehingga para karyawan berusaha menyelamatkan barang-barang yang berada di camp karyawan, kios, dan di kantor perusahaan.

Pada saat itu melintas 2 (dua) unit mobil tangki air galon sehingga karyawan dan masyarakat sekitar memberhentikan mobil tangki air galon tersebut untuk membantu memadamkan api.

Satu jam kemudian kobaran api sudah bisa dipadamkan kemudian para karyawan melakukan pembersihan di sekitar gudang generator yang terbakar.

Marthen Lutter selaku kepala produksi memperkirakan kerugian sekitar 1,2 milyar.

Tampak hangus terbakar, 1 (satu) unit bangunan pabrik seluas 35x60m , 1 (satu) unit FORKLIFT kapasitas 5 ton, 1 (satu) unit FORKLIFT kapasitas 3,5 ton, 1 (satu) unit mesin genzet kapasitas 135 KVA, 1 (satu) unit mesin kompresor, 1 (satu) unit mesin asah sirculer, 1 (satu) unit dinamo genzet kapasitas 30 KVA , 1 (satu) unit dinamo penggerak kapasitas 40 HP, 1 (satu) unit mesin bandsaw kapasitas 42 inc, 1 (satu) unit mesin compakto, 7 (tujuh) unit dinamo 5 HP.

Pada saat kejadian kebaran tersebut terjadi yang berada di hanya dua karyawan (saksi) yang berada di camp dikarenakan sawmil masih libur kerja sehingga pimpinan sawmil tidak berada ditempat.